PERANCANGAN MESIN EKSTERNAL PREWASH UNTUK OTOMATISASI EFISIENSI PENGGUNAAN AIR

Authors

  • I Gusti Ngurah Adia Atmika Universitas Udayana
  • Putu Oka Sutrisna Universitas Pembangunan Nasional Veteran

Keywords:

Prewash, Efektif, Efisien

Abstract

Meningkatnya kebutuhan air minum dalam kemasan galon saat ini memiliki permasalahan pada proses pencucian yang kurang efektif dan efisien sehingga menghambat proses produksi. Proses pencucian galon menyebabkan lamanya proses isi ulang galon dan banyaknya air yang dibutuhkan dalam proses tersebut,  produktivitasnya kurang optimal. Jika ada botol galon dari distributor yang sangat kotor, sebelum masuk ke mesin cuci, botol galon dicuci secara manual menggunakan tenaga manusia. Dalam prosesnya, efisiensi penggunaan air akan tergantung pada banyak faktor termasuk perilaku manusia. Banyak kasus penggunaan air secara berlebihan (tidak sesuai porsi), air dibiarkan mengalir saat tidak ada aktivitas, dan sebagainya. Hal ini tentu saja mengakibatkan pemborosan air. Penambahan mesin prewash eksternal pada mesin cuci membuat proses pencucian botol kotor yang berat menjadi lebih efektif dan efisien. Air yang digunakan merupakan air luapan dari proses washer, sehingga tidak menambah beban penggunaan air baru. Penggunaan air juga bisa diatur secara tepat sesuai dengan kebutuhan botol cuci. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan air baru dan pemborosan air akibat perilaku manusia yang menggunakan cara manual sebelumnya, belum menggunakan sistem ini. Dengan demikian, desain mesin prewash eksternal mampu melakukan efisiensi air sebesar 180 m3/bulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Grewal, M.S. 2015. Switch to Aqueous Technology Gives Gillette Edge in Blade Manufacturing. Precision Cleaning.The Magazine of Critical Cleaning Technology, 15-26.

Junaidi, Prabowo. 2018. Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis Arduino. Jakarta: Anugrah Utama Raharja.

Kim, H. S, Kweon, J. H. 2017. Cleaning Of Lubricating Products From Machinery Parts Using Subcritical Water. KSCE Journal Of Civil Engineering, 14(1): 1-6.

Klabuschnig, J. 2017. Aqueous cleaning process with solvent-based corrosion protection. IST International Surface Technology, 10(3): 46-47.

Mitschele, M. 2014. Fully Automatic Cleaning Line with Clean Room Connection. IST International Surface Technology, 7(2): 24-29.

Prabowo, J. C. H. 2015. Modifikasi Perangkat Kelistrikan Mesin washer Primus 20 Kg dengan Menggunakan PLC dan HMI. Jurnal Penelitian Teknik Elektro, 5 (3): 42-48.

Solemede, Haidar, Rahayu. 2020. Realisasi Internet of Things (IoT) Berbasis Android untuk Aplikasi Pengendali dan Pemantau Fitur-Fitur pada Mesin washer Sharp ES-F950P-GY. Jurnal Industrial Research, 4(1): 22-29.

Xiao, M. H., Yu, L. B., Li, G. H, Liang, W. J. 2016. Development of High Speed Precision Press and its Development Trends. Key Engineering Materials. 6 (3): 89-95.

Yamamoto, Y., Bellgran, M. 2013. Four types of manufacturing process innovation and their managerial concerns. Procedia CIRP, 7(1): 479-484.

Downloads

Published

2022-09-30

Most read articles by the same author(s)