MODEL PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID 19 PADA SRI KRESNA WOOD CARVER

Authors

  • Ni Putu Sri Mariyatni Universitas Warmadewa
  • Ni Luh Putu Widhiastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Ngurah Sunata Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Wood carver, Sri Kresna

Abstract

Bali sudah terkenal sebagai daerah seni dengan beragam ciri khas budaya dan adat istiadat yang dimiliki. Beberapa daerah di Bali memiliki keunikan tersendiri dengan kandungan budaya lokal setempat seperti misalnya kerajinan patung dari uang kepeng. Pada awalnya patung uang kepeng dikhususkan untuk berbagai macam upacara adat hindu di Bali, tetapi saat ini sudah diperuntukkan untuk kepentingan komersial yaitu biasanya patung ini dibeli untuk menambah kemewahan interior ruangan tamu, ruang tunggu hotel/villa, atau restoran mewah. Khalayak sasaran dari program pengabdian masyarakan ini adalah “Sri Kresna Wood Carver” yang terletak di Mas Ubud Kabupaten Gianyar Provinsi Bali. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra meliputi: 1) Mitra tidak memiliki pola pemasaran produk sehingga cukup sulit memperkenalkan produknya ke pasar. 2) Kebutuhan beberapa peralatan untuk mempercepat proses produksi, 3) Model Produk masih monoton dan perlu pengembangan lagi untuk jenis produk yang baru, 4) Tempat produksi memerlukan adanya penataan tata letak. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalah tersebut meliputi: 1) Membuatkan model pemasaran dengan membuat toko virtual yakni Shopee dan melakukan iklan produk secara continue pada aplikasi. 2) Pengadaaan 2 jenis peralatan yaitu bor duduk dan mesin table saw. 3) Penambahan jenis produk baru untuk meningkatkan penjualan. 4) pengadaan computer untuk operasional pemasaran 5) Penataan ruang produksi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30