PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE

  • Ni Ketut Sumiasih SMP Negeri 3 Denpasar
Keywords: Model Pembelajaran Think Talk Write, Prestasi Belajar

Abstract

Perlakuan yang lebih baik terhadap siswa menggunakan model-model tertentu dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas membuat prestasi belajar siswa mampu ditingkatkan. Hal tersebut merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Hal yang telah menyebabkan rendahnya prestasi belajar Bahasa Inggris yang diperoleh siswa kelas VIIH Semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 adalah guru belum tepat dalam memilih model pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengajarkannya agar mereka mudah dalam menerima pelajaran yang lebih cenderung pasif. Penerapan cara belajar aktif melalui model pembelajaran Think Talk Write diupayakan untuk dapat mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIIH Semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Tujuannya, agar prestasi belajar yang dicapai siswa dapat ditingkatkan sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Belajar yang diharapkan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Peningkatan nilai rata-rata pada awal 69,59 pada siklus I menjadi 73,02 dan meningkat pada siklus II menjadi 80,98. Serta data awal menunjukkan ketuntasan belajar mencapai 36,36% siklus I meningkat menjadi 59,09% siklus II meningkat menjadi 97,73%. Dari uraian yang telah disampaikan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas VIIH Semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Lukman.1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Basrowi, Suranto dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Djamarah, Syaiful bahri. 1994. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Elida, N. (2012). Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jurnal Infinity. Vol. 1 No. 2.

Leggo, Carl. 2007. “Writing Truth In Classrooms: Personal Revelation And Pedagogy “. Dalam Jurnal Internasional. Vol.3. No.1

Martinis Yamin dan Bansu I Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka.

Published
2021-03-31