MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

  • Ni Nengah Sujani SMP Negeri 3 Denpasar
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Prestasi Belajar

Abstract

Penggunaan metode atau model-model pembelajaran baru sangat menentukan prestasi belajar siswa. Hal tersebut menyebabkan peneliti mengganti cara pembelajaran lama yang berhari-hari dilakukan secara monoton dan itu itu saja menjadi model pembelajaran yang mengikuti kemajuan zaman. Hal tersebut menuntun peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika pada kompetensi bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX.E semester II SMP Negeri 3 Denpasar  tahun pelajaran 2018/2019 dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini mengambil subjek penelitian pada siswa Kelas IX.E semester II SMP Negeri 3 Denpasar  tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan tes prestasi belajar sebagai data hasil penelitian. Setelah semua proses dilalui diperoleh data dari hasil analisis yaitu pad awalnya ketuntasan belajar siswa baru mencapai 32,50%, pada siklus I meningkat menjadi 55,00% dan pada siklus II sudah mencapai 97,50%. Peningkatan prosentase yang diperoleh tesebut merupakan kerja keras peneliti dari membuat perencanaan yang baik, melaksanakan proses pembelajaran di kelas mengikuti teori-teori para ahli dan menyiapkan segala media pendukung untuk pencapaian peningkatan prestasi belajar. Setelah pelaksanaan dilakukan, dilanjutkan dengan observasi dan refleksi keberhasil tersebut menuntun peneliti membuat simpulan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pada kompetensi bangun ruang sisi lengkung siswa Kelas IX.E semester II SMP Negeri 3 Denpasar  tahun pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bustalin, (2004) Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Mandar Maju.

Duch Barbara J. 1994. Problem-based Learning in Physic: The Power of studentTeaching Students. Journal College Taching Vol XXV.No.5 MAR/APR.

Ibrahim, Muhsin dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Kunandar, (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindak Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zainal Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Published
2021-03-31