PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA

  • Ni Gusti Nyoman Aryawati SMP Negeri 8 Denpasar
Keywords: Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar

Abstract

Kemampuan siswa kelas IXA semester II SMP Negeri 8 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Seni Budaya Pada Materi Musik Ansambel tergolong masih rendah. Sebagian besar siswa belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya siswa kelas IXA semester II SMP Negeri 8 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Seni Budaya telah membuat prestasi siswa Seni Budaya siswa kelas IXA semester II SMP Negeri 8 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 menjadi meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan melihat adanya peningkatan prestasi belajar dari data awal nilai rata-rata sebesar 71,97 pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 73,95. Pada siklus II prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 79,29. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 26,32% pada data awal menjadi 39,47%  pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 89,47%. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu metode demonstrasi dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya siswa kelas IXA semester II SMP Negeri 8 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Saifuddin. 1996. Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Paizaluddin dan Ermalinda. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.

Sunarto. (2012). Pengertian prestasi belajar. Fasilitator idola [online]. Tersedia : http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/

Martinis Yamin, H. dan Jamilah Sabri Sanan. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Published
2021-03-31