PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT KELOMPOK USAHA TANI BUDIDAYA IKAN LELE DI TUKAD BINDU DENPASAR

  • Ni Made Vita Indriyani Universitas Warmadewa
  • I Wayan Gde Yogiswara Darma Putra Universitas Warmadewa
  • Ade Ruly Sumartini Universitas Warmadewa
  • I Ketut Wija Negara Universitas Udayana
Keywords: kelompok usaha tani, budidaya ikan lele, laporan keuangan, pemasaran

Abstract

Program pemberdayaan masyarakat (PKM) sudah dilakukan pemerintah dan sesuai dengan tujuan pembangunan Indonesia seutuhnya, maka pembangunan harus merupakan perubahan sosial yang tidak hanya terjadi pada taraf kehidupan masyarakat tetapi juga pada peranan unsur-unsur di dalamnya. Budidaya ikan lele di Denpasar dapat dijumpai di Tukad Bindu. Pelaksana budidaya ikan lele di Tukad Bindu ini belum mengetahui secara pasti cara untuk pembuatan laporan keuangan dan pemasaran atas ikan lele yang nantinya akan menjadi sumber penghasilan masyarakat. Dalam pelaksanaan PKM ini, Kelompok Usaha Tani Budidaya Ikan Lele Tukad Bindu Denpasar sebagai mitra PKM sangat berkontribusi dalam menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan, selain juga tenaga, pikiran, dan lokasi pelatihan yang digunakan selama program pengabdian dilaksanakan. Melalui program PKM, kelompok usaha tani mendapatkan pengetahuan mengenai pembuatan laporan keuangan, pemasaran serta proses budidaya ikan lele yang baik, sehingga dapat memberikan dampak ekonomi bagi kelompok usaha tani dan menjadi wadah edukasi budidaya ikan lele bagi masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Denpost, 2 Maret 2020. Permintaan Lele di Denpasar Tembus 10 Ton Per Hari.

Direktorat Jendral Perikanan Budidaya. 2019. KKP Lakukan Integrasi dan Inovasi Program Budidaya Berkelanjutan. Diakses melalui https://kkp.go.id/djpb/artikel/14323-kkp-lakukan-integrasi-dan-inovasi-program-budidaya-berkelanjutan.

Nusa Bali, 29 November 2019. Ribuan Benih Lele Dibudidayakan dengan Metode Bioflok di Tukad Bindu.

Sitio, M.H.F, Jubaedah, D. dan Syaifudin, M. 2017. Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Ikan Lele pada Salinitas Media yang Berbeda. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 5(1), 83-96.

Published
2021-03-31