PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN PENUGASAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • I Ketut Supardanayasa SMA Negeri 1 Bebandem
Keywords: metode demonstrasi, penugasan prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bebandem di Kelas X MIPA 1 Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 dimana kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode demonstrasi dan penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa Kelas X MIPA 1 semester I SMA Neheri 1 Bebandem. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dan penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Bebandem. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 62,70, pada siklus I menjadi 66,20 dan pada siklus II menjadi 74,67. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi dan penugasan  dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Bebandem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Djalal, M.F. 1986. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang: P3T IKIP Malang

Paizauddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Rohendi, Dedi, Heri Sutarno, dan Mugi Akbar Ginanjar. 2010. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Pendidikan Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Vol. 3 No.1 / Juni 2010.

Slameto. (1990). Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit (SKS). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. Sudirman,N, dkk. 1991. Ilmu pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.

Suryabrata, Sumadi, 1995, Psikologi Pendidikan. (Jakarta: Raja Gravindo Persada.)

Tjundjing, Sia. 2001. Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol. 17. No.1.

Published
2021-03-31