IbM PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
Keywords:
strategi menulis artikel ilmiah, perpustakaanAbstract
Program IbM ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru di SMP Negeri 4 Mengwi dalam menulis artikel ilmiah dan untuk meningkatkan pemahaman pegawai perpustakan dalam penataan ruang perpustakaan. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dalam program IbM ini adalah metode ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Metode ceramah dipilih untuk memberikan penjelasan tentang strategi menulis artikel ilmiah dan strategi dalam menembus jurnal-jurnal ilmiah. Dengan pemberian penjelasan ini diharapkan para guru peserta pelatihan memiliki pemahan yang komperhensif berkaitan dengan penulisan artikel ilmiah. Metode tanya jawab sangat penting bagi para peserta pelatihan, baik di saat menerima penjelasan tentang penulisan artikel ilmiah serta saat mempraktekkannya. Metode ini memungkinkan guru-guru menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang penulisan artikel ilmiah dan juga pengalaman setelah praktek menulis artikel ilmiah. Selanjutnya, metode simulasi ini sangat penting diberikan kepada para peserta pelatihan untuk memberikan kesempatan mempraktekan materi pelatihan yang diperoleh. Kegiatan IbM ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 di ruang guru SMP Negeri 4 Mengwi dengan diikuti oleh 52 orang peserta. Hasil dari kegiatan tersebut adalah sebagai berikut. 1) Guru-guru sangat tekun mengikuti seminar dan pelatihan, mereka aktif mengajukan pertanyaan, dan melakukan kerja sama yang baik dalam menyusun artikel ilmiah. 2) Meningkatnya pemahaman guru-guru tentang penulisan artikel ilmiah dan strategi dalam menembus jurnal ilmiah 3) Meningkatnya pemahaman para pegawai perpustakaan dalam penataan ruang perpustakan. 4) Modul penulisan artikel ilmiah ber-ISSN. Modul ini dapat dijadikan referensi ketika para guru ingin menulis artikel ilmiah. Berkat bantuan modul ini para guru mampu menghasilkan artikel ilmiah yang siap untuk diterbitkan pada jurnal yang diinginkan.