PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII-2 semester II tahun pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 6 Denpasar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar yang dianalisis secara deskriptif kuantiatif. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan baru mencapai nilai rata-rata 75,06 dengan ketuntasan belajar mencapai 48,57%, siklus I meningkat menjadi 77,11 dengan ketuntasan belajar 68,57%, siklus II meningkat menjadi 80,69 dengan ketuntasan belajar 100,00%. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar Matematika dengan baik, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.