MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI GUIDED TEACHING
Keywords:
Prestasi Belajar, Strategi Guided TeachingAbstract
Adanya peningkatan prestasi belajar sangat perlu diupayakan. Dalam penelitian ini peningkatan prestasi belajar diupayakan untuk mengetahui apakah terjadi perubahan setelah diterapkan strategi guided teaching dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 40 orang yang belajar di kelas VII-6 semester I tahun pelajaran 2019/2020 SMP Negeri 6 Denpasar setelah data dikumpulkan lewat instrumen tes prestasi belajar dan dianalisis dengan analisis deskriptif diperoleh data awal dengan rata-rata 75,05 dengan ketuntasan belajar 30,00%. Data ini meningkat pada siklus I menjadi 77,95 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 70,00% dan pada silkus II data itu meningkat menjadi 83,10 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 100,00%. Pada siklus ke II telah diperoleh data sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian dengan perolehan nilai rata-rata melebihi KKM mata pelajaran seni budaya. Data tersebut telah membuktikan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan sudah dapat dibuktikan keberhasilannya serta penelitian tindakan dilanjutkan ke siklus berikutnya karena sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian.