PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Keywords:
Konsep Berhitung, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika dengan memaksimalkan pemahaman konsep berhitung dengan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh peningkatan hasil yang sesuai harapan tujuan penelitian ini. Data tersebut adalah peningkatan yang terjadi dari awal dimana siswa baru mampu mencapai ketuntasan belajar 45,24% dengan nilai rata-rata 74,00 dan pada siklus I telah meningkat ketuntasan belajar menjadi 71,43% dengan nilai rata-rata 77,00 dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu ketuntasan mereka sudah mencapai 100,00% dengan nilai rata-rata 80,88. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian pada siklus II membuat agar prosentase ketuntasan belajar mereka mencapai minimal 85% dengan rata-rata kelas 78,00, sedangkan data yang diperoleh sudah melebihi indikator tersebut. Oleh karenanya peneliti mengambil simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dalam proses belajar mengajar mampu meningkatan belajar Matematika.