Jurnal Alam Lestari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/alamlestari <p>&nbsp;</p> <p>Jurnal ALAM&nbsp; LESTARI merupakan jurnal ilmiah Prodi Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pengelolaan Lingkungan (P2WL) yang berisikan hasil penelitian dan kajian teoritis mengenai masalah-masalah perencanaan wilayah, pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat daerah perkotaan dan pedesaan. Jurnal Alam Lestari diterbitkan oleh Tim Redaksi Pascasarjana Unmas Denpasar dengan periode 2 kali per tahun, yaitu pada bulan April dan Oktober.&nbsp;</p> en-US madewahyu9108@gmail.com (Dr. I Made Wahyu Wijaya, ST) yudhapartama46@gmail.com (Dr. Eng. I GD Yudha Partama, S.Si, M.Si) Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0800 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Dampak Pengembangan Villa Terhadap Pola Tata Ruang Kawasan Lembang https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/alamlestari/article/view/10669 <p style="font-weight: 400;">Pembangunan vila di kawasan Lembang mengalami peningkatan yang pesat, berpotensi mengubah pola tata ruang dan memberikan dampak sosial serta ekonomi terhadap masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak tersebut dengan pendekatan kuantitatif dan metode campuran, serta melibatkan 200 responden yang terdiri dari masyarakat lokal, pengembang vila, dan pengunjung. Dalam penelitian ini, identifikasi dilakukan terhadap karakteristik pengembangan vila, dampak terhadap perekonomian lokal, dan perubahan sosial yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan vila menyebabkan peningkatan jumlah vila, perluasan lahan, dan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ekonomi, dengan pendapatan lokal meningkat signifikan dari Rp 2.000.000 menjadi Rp 3.500.000 per bulan. Sebaran vila yang terkonsentrasi di area strategis berpotensi menyebabkan perubahan fungsi lahan yang memicu peningkatan kepadatan. Melalui analisis korelasi dan regresi linier berganda, ditemukan hubungan positif antara pengembangan vila dengan kepuasan masyarakat. Temuan ini mengungkapkan pentingnya perencanaan tata ruang yang berkelanjutan dalam mengelola perkembangan kawasan wisata, untuk memastikan kesejahteraan masyarakat serta kelestarian lingkungan tetap terjaga. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi perencanaan wilayah berbasis pariwisata yang lebih efektif.</p> Ahmad Ghazy Dananjaya Copyright (c) 2025 Jurnal Alam Lestari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/alamlestari/article/view/10669 Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0800 Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Bali Mandara https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/alamlestari/article/view/11557 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini mengangkat isu kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis (1) persepsi pasien terhadap kinerja pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Bali Mandara yang ditinjau dari 5 kategori pelayanan yang mencakup aspek wujud langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. (2) hubungan indikator pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien terhadap kinerja pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Bali Mandara. (3) merumuskan upaya yang akan dilakukan dalam menghasilkan pencitraan yang positif terhadap kinerja pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Bali Mandara. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan quisioner dan wawancara terhadap pasien yang datang berobat ataupun rawat inap di Rumah Sakit Bali Mandara. Rumah sakit ini berlokasi dekat dengan tempat tempat tujuan pariwisata. Pada penelitian ini menggunakan skala Likerts, Metode servqual, dan analisis kepentingan. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode servqual. Penelitian ini mendapatkan hasil analisis bahwa persepsi pasien terhadap kinerja pelayanan kesehatan rumah sakit Bali Mandara adalah memuaskan meski belum sesuai ekspektasi pasien. Hubungan antar variabel/indikator pelayanan kesehatan yakni persepsi pasien terhadap kinerja pelayanan kesehatan di rumah sakit Bali Mandara adalah sangat kuat dengan meningkatkan 21 indikator pelayanan kesehatan dengan 5 kategori layanan.</p> Made Iswari Srashavita Pabeswari, Nyoman Utari Vipriyanti, I Wayan Maba, I Nyoman Sudipa Copyright (c) 2025 Jurnal Alam Lestari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/alamlestari/article/view/11557 Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0800