PEMANFAATAN KUNYIT DAN JAHE SERTA PEMBUATAN HAND SANITIZER SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID19 DI DESA SERONGGA, GIANYAR

  • I Dewa Ayu Anom Yustari Nida Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Fitria Megawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Agus Sunadi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: COVID-19, hand sanitizer, tanaman obat

Abstract

Desa Serongga merupakan salah satu desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Penduduk Desa Serongga sebagian besar berprofesi sebagai pedagang, petani, dan pegawai swasta yang lebih sering kontak dengan orang banyak dan berada diluar rumah. Dimasa New Normal ini untuk mencegah penularan virus Covid-19, hal yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah meningkatkan daya tahan tubuh dan menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan kegiatan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat remaja di Desa Serongga tentang pentingnya pemanfaatan tanaman obat kunyit dan jahe untuk daya tahan tubuh serta pentingnya menjaga kebersihan dengan penggunaan hand sanitizer. Metode yang digunakan adalah sosialisasi secara langsung mengenai manfaat tanaman obat kunyit dan jahe dan pelatihan pembuatan hand sanitizer. Kegiatan ini juga akan memberikan bibit tanaman agar nantinya mudah untuk mendapatkan bahanbahannya sehingga dapat langsung mengolahnya. Masyarakat sasaran pada kegiatan ini yaitu masyarakat tingkat remaja dengan rentang usia 17-25 tahun yang berjumlah 7 orang. Program pengabdian kepada masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar telah terealisasikan 100%. Kegiatan ini telah dapat dipahami oleh masyarakat remaja dibuktikan dengan perbandingan hasil pretest dan posttest yang meningkat yaitu dari 80% menjadi 97%. Masyarakat remaja diharapkan dapat mengedukasi dan memberikan pemahaman bagi pihak keluarganya sendiri maupun masyarakat lain yang tinggal di lingkungan sekitar.

References

http://serongga.gianyarkab.go.id/ Diakses pada tanggal 12 Agustus 2020

Larasati, A.L, Haribowo, C. 2020. Penggunaan Desinfektan dan Antiseptik Pada Pencegahan Penularan Covid-19 di Masyarakat. Universitas Padjadjaran: Majalah Farmasetika, 5 (3). 137-145.

Zhu N, Zhang D, Wang W, Li X, Yang B, Song J, et al. A novel coronavirus from patients with pneumonia in China, 2019. N Engl J Med. 2020; 382:727-33.

Published
2021-04-09