UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN DAN PENANGGULANGAN AKIBAT VIRUS COVID-19 DI DESA UBUNG KAJA, DENPASAR

  • I Made Hendry Dwi Saputra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Ayu Istri Lestari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Letra Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: disinfektan, penyuluhan, masker, COVID-19

Abstract

Masa pandemi yang disebabkan oleh virus COVID-19 saat ini seharusnya lebih membuat masyarakat lebih memperhatikan aspek-aspek kebersihan dan kesehatan baik dilingkungan rumah maupun di masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanankan kegiatan penyemprotan disinfektan secara rutin dilingkungan tempat tinggal masing-masing dan melakukan kegiatan pembagian masker, face shield, dan vitamin C kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mengambil sasaran masyarakat Desa Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Pada tahap observasi Tim Pelaksana melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan dan dengan melakukan dialog terhadap Kepala Desa serta pihak-pihak terkait dan mengamati keadaan yang menyangkut fisik maupun non fisik. Permasalahan yang dihadapi masyarakat setempat saat ini akibat pandemik COVID-19, kurangnya tingkat pengetahuan masyarakat terhadap virus COVID-19 serta masih kurangnya pemahaman masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan dari COVID-19 sehingga menimbulkan kepanikan, serta sudah jarangnya kegiatan penyemprotan desinfektan di beberapa area di desa Ubung Kaja. Dan pada era new normal yang sudah berlaku saat ini membuat masyarakat sudah jarang menerapkan protokol kesehatan yang akan menyebabkan masyarakat lebih rentan terpapar oleh virus COVID-19.

References

Universitas Mahasaraswati Denpasar 2020. Buku Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar : Universitas Mahasaraswati Denpasar

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2020, Daftar Sementara Bahan Aktif Dan Produk Rumah Tangga Untuk Disinfeksi Virus Corona Penyebab COVID -19, BKKH dan LIPI, Jakarta.

Published
2021-04-09