PEMBELAJARAN TAMBAHAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI BANJAR KUNINGAN DESA KESIMAN PETILAN

  • Made Letra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Ayu Istri Lestari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Yuni Dharma Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: pendidikan, COVID-19, penyuluhan, pembelajaran tambahan

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok individu. Semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin luas wawasan yang dimiliki nya. Semakin luas wawasan seseorang maka niscaya semakin baik kehidupannya dimasa depan. Selain pendidikan tentang pembelajaran materi umum, pendidikan tentang kesehatan juga penting diketahui oleh setiap individu. Pendidikan tetang kesehatan dapat dilakukan dengan penyuluhan melalui media video dan poster sedangkan pembelajaran materi umum dapat dilakukan dengan dilakukannya pembelajar bersama. Di masa pandemi covid-19 ini penting bagi masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri dan menerapkan protokol kesehatan. Sayangnya, anak-anak di Banjar Kuningan Desa Kesiman Petilan belum mengindahkan protokol kesehatan yang saat ini selalu digalakkan oleh pemerintah. Pengetahuan mereka mengenai covid-19 juga masih minim sehingga mereka masih kurang peduli dengan bahaya virus ini. Covid-19 ini juga mengakibatkan kurang efektifnya pembelajaran yang mereka dapatkan disekolah. Melaui program kerja pembelajaran tambahan yang kami laksanakan dapat meringankan beban orang tua dalam mengajarkan anak-anaknya dan membantu anakanak dalam memahami materi yang kurang dikuasai.

References

Aji, Rizqon Halal Syah, 2020, Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Vol. 7 No. 5 (2020).

Handayani, Diah, dkk., 2020, Penyakit Virus Corona 2019, Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. J Respir Indo. Vol. 40 No. 2 April 2020.

NN. 2020. Sejarah Desa Kesiman Petilan’, [Web] https://kesimanpetilan.denpasarkota.go.id/page/read/829, Diakses pada tanggal 10 Agustus 2020 pukul 20.00

Published
2021-04-09