PENCEGAHAN COVID-19 DALAM KEGIATAN MASYARAKAT BANJAR KUNINGAN DESA KESIMAN PETILAN DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19

  • I Gusti Agung Ayu Istri Lestari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Letra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Tania Nadyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: pencegahan, COVID-19, new normal, kegiatan masyarakat

Abstract

Pengurus banjar yang juga merupakan Lembaga Kemasyarakatan yang ada sebagai mitra Pemerintahan Desa dengan demikian dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari, terutama yang berhubungan dengan penyajian informasi yang dibutuhkan, semakin dituntut adanya kerja keras dan kemampuan yang optimal guna memperlancar pelaksanaan tugas pemerintahan dalam berbagai bidang. Namun salah satu permasalahan di wilayah Desa Kesiman Petilan khususnya di Banjar Kuningan pada masa pandemi Covid-19 ini adalah kurangnya pengetahuan pengurus banjar serta masyarakat mengenai tata cara penyelenggaraan kegiatan masyarakat di banjar dalam era new normal atau tatanan hidup baru pandemi Covid-19. Dimana Corona Virus Disease ( COVID ) yang mewabah sejak 2019 atau yang dikenal dengan Covid-19, sudah mengancam banyak nyawa. Selain itu, kurangnya sarana prasarana kesehatan dan protokol kesehatan yang ada membuat masyarakat di Banjar Kuningan takut untuk melaksanakan kegiatan yang melibatkan masyarakat atau krama banjar. Maka dari itu, dalam rangka mewujudkan gerakan peduli pencegahan Covid-19 dan menjaga kesehatan masyarakat di Banjar Kuningan maka perlu dilakukan peningkatan pengetahuan masyarakat di Banjar Kuningan dengan cara memberikan penyuluhan mengenai tata cara penyelenggaraan kegiatan di Banjar Kuningan dalam era new normal atau tatanan hidup baru pandemi Covid-19, memberikan pengetahuan dan poster mengenai 7 tata cara atau langkah mencuci tangan yang baik dan benar sebagai tahap pencegahan utama Covid-19, serta pemberian sarana prasarana kesehatan dan protokol kesehatan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat setempat mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan ketika beraktivitas di masyarakat di masa pandemi Covid-19.

References

LPPM Unmas. 2020. Buku Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpar. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Anjani, Sherina. 2020. Pandemi Covid19 Dalam Sudut Pandang Demografi Sosial: Penyebaran, Tantangan, Dampak SosialEkonomi Serta Potensi Solusi’, Tugas Mata Kuliah Demografi Sosial, Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok.

Anonimous. 2020. Sejarah Desa Kesiman Petilan. [Web] Diaksesdari https://kesimanpetilan.denpasarkota.go.id/page/read/813 pada tanggal 11 Agustus 2020 pukul 17.21 Wita

Wenda, Fremias dkk. 2020. Peranan Kepala Desa Dalam Pembangunan Masyarakat Desa Di Desa Kumulume Kecamatan Makki Kabupaten Lanny Jaya.

Published
2021-04-09