UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI BR. KARANG SARI, DESA DANGIN PURI KAJA

  • Ria Koesoemawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Diarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Laksmi Novrina Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Covid-19, Desinfektan, cuci tangan

Abstract

Covid-19 adalah jenis virus baru yang menyerang imunitas tubuh serta dapat menyebabkan kematian, virus ini juga menginfeksi saluran pernafasan. Covid-19 dapat menyebar terutama dari orang ke orang melalui percikan-percikan dari hidung atau mulut yang keluar saat orang yang terinfeksi covid-19 batuk. Observasi yang telah di Desa Dangin Puri Kaja, didapatkan permasalahan seperti kurangnya pengetahuan terhadap Covid-19, tidak tersedianya fasilitas umum seperti tempat mencuci tangan dan juga tidak lagi terlaksananya program penyemprotan desinfektan. Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan yaitu penyuluhan kepada masyarakat mengenai Covid-19 yang dibantu oleh gugus tugas Covid-19, membuatkan fasilitas tempat mencuci tangan untuk umum dan mengadakan penyemprotan desinfektan dengan bahan yang ramah lingkungan. Tujuan dilaksanakannya program-program tersebut untuk mencegah penularan Covid-19 dilingkungan sekitar. Metode yang digunakan adalah metode penyuluhan kepada masyarakat yang dilakukan oleh gugus tugas mengenai pencegahan Covid-19 dan menggunakan metode parktik terhadap demonstrasi cara mencuci tangan dan juga pembuatan tempat cuci tangan, metode praktik juga digunakan saat penyemprotan desinfektan. Hasil dari kegiatan ini setelah masyarakat mendapatkan penyuluhan masyrakat semakin memiliki wawasan terhadap pencegahan Covid-19, adanya fasilitas umum seperti tempat pencucian tangan dan demonstrasi cara mencuci tangan membuat masyarakat mampu meningkatkan hidup bersih dan mengetahui cara mencuci tangan yang benar, masyarakat menjadi lebih aman dan nyaman dengan dilakukannya penyemprotan desinfektan menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

References

Churaez, F. I., Ramadani, R., Firmansyah, R., Mahmudah, S. N., & Ramli, S. W. (2020). Pembuatan Dan Penyemprotan Disinfektan: Kegiatan Kkn Edisi Covid-19 Di Desa Bringin, Malang. Sinergi: Jurnal Pengabdian, 2(2), 50-55.

Larasati, A. L., & Haribowo, C. (2020). Penggunaan Desinfektan dan Antiseptik Pada Pencegahan Penularan Covid-19 di Masyarakat. Majalah Farmasetika, 5(3), 137-145.

Perdana, R. C., Agustino, M. R., Hartawan, D., Suyoso, Y. A., & Sari, R. (2020). Adaptasi dan Kebiasaan Baru Human Resource Department di Masa Pandemik Covid-19. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(3), 201-204.

Mustikawati, I. S. (2017). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Studi Kualitatif pada Ibu-Ibu di Kampung Nelayan Muara Angke Jakarta Utara; Studi Kualitatif. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 2(1), 115-125.

Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385-394.

Suryandari, N., & Haidarravy, S. (2020). Pembuatan Cairan Desinfektan dan Bilik Disinfektan sebagai Upaya Pencegahan Virus Covid 19 di Mlajah Bangkalan Madura. Jurnal Abdidas, 1(5), 345-351.

Iana, 2020, Corona Virus Diseases (Covid-19);Sebuah Tinjauan Literatur, Wellness and Healthy Magazine, 2(1).

Published
2021-04-09