PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM SARIN CAMPLUNG DI DESA PESABAN, KABUPATEN KARANGASEM

  • I Gede Cahyadi Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gde Wiryawan Fakultas Hukum Universitas Mahasarawati Denpasar
  • Ni Putu Nisa Yulia Utami Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: media sosial, penjualan, UMKM, COVID-19

Abstract

Usaha mikro kecil menengah atau adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha. Kondisi UMKM Sarin Camplung di tengah pandemic virus corona seperti saat ini sangat memperhatinkan, omzet penjualan mengalami penurunan. Tujuan penelitian artikel ini menguraikan tentang pemanfaatan media sosial di masa pandemic untuk meningkatkan penjualan. Pada pandemic covid-19 ini banyak UMKM melakukan promosi dengan media sosial, tetapi banyak UMKM mengeluh dikarenakan tidak memahami cara mengoperasikan media sosial. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Kepada Masyarkat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadi membawa misi untuk membantu UMKM Sarin Camplung Desa Pesaban, Kabupaten Karangasem pelatihan pengoprasian media sosial dan mendampingi dalam mempromosikan produknya. Sehingga masyarkat sasaran mampu mengoperasikan media sosial dan cara mempromosikan produknya di media sosial.

References

Helmalia dan Afrinawati. 2018. Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 3 No. 2.

Kotler, Amstrong. 2004. Prinsipprinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Published
2021-04-09