UPAYA PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 PADA MASYARAKAT DI DESA BATUBULAN KANGIN

  • I Made Diarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ria Koesoemawati Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Gde Artha Sentana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: COVID-19, cuci tangan, desinfektan

Abstract

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis corona virus yang baru ditemukan. Penyakit ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. Covid-19 sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Virus Covid-19 dapat menempel pada benda di sekitar kita, terutama di tempat-tempat umum yang bisa saja kita sentuh dengan tangan kita. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada masyarakat di lingkungan Desa Batubulan Kangin, masih banyak ditemui masyarakat yang melakukan kegiatan di luar rumah yang kurang memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi ini. Aktivitas masyarakat yang padat tersebut tidak diimbangi dengan fasilitas dan program untuk membantu mencegah penularan Covid-19. Salah satu contohnya adalah, masih kurangnya fasilitas tempat cuci tangan umum dan kurangnya intensitas penyemprotan desinfektan di lingkungan Desa Batubulan Kangin. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19 dimasa pandemi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan membuat tempat cuci tangan umum dan memberikan simulasi video edukasi tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar, memberikan pelatihan tentang cara membuat desinfektan alami dengan bahan yang ramah lingkungan, serta melakukan kegiatan penyemprotan desinfektan secara rutin di lingkungan rumah warga di Desa Batubulan Kangin. Dalam kegiatan ini metode yang digunakan adalah metode pelatihan dan metode praktik. Hasil dari kegiatan ini menjadikan masyarakat mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar, mengetahui cara membuat desinfektan alami, serta masyarakat dapat melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri di lingkungan rumah masing-masing sehingga dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

References

Ausrianti, R., Andayani, R. P., Surya, D. O., & Suryani, U. 2020. Edukasi Pencegahan Penularan Covid 19 serta Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Pengemudi Ojek Online. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(2), 59-64.

Bourouiba L. 2020. Potential Implications for Reducing Transmission of COVID-19. JAMA. Turbulent Gas Clouds and Respiratory Pathogen Emissions: 323(18), 1837-1838.

Jenewa: World Health Organization. 2020. Advice on the use of masks in the context of COVID-19. Interim guidance.

Larasati, A. L., & Haribowo, C. 2020. Penggunaan Desinfektan dan Antiseptik Pada Pencegahan Penularan Covid-19 di Masyarakat. Majalah Farmasetika, 5(3), 137-145.

Syafrida, S., & Hartati, R. 2020. Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(6), 495-508.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2020, Surat Edaran Nomor HK.02.02/III/375/2020 tentang Penggunaan Bilik Desinfeksi dalam Rangka Pencegahan Covid-19.

Zahrotunnimah, Z. 2020. Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 247-260.

Published
2021-04-09