PENINGKATAN UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN PENYAKIT COVID-19 DI DESA SIBANG GEDE, KECAMATAN ABIANSEMAL BADUNG

  • Ria Koesoemawati Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Diarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Putu Sari Widyayanti Gunarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: COVID-19, penyuluhan, Face Shield, Desinfektan

Abstract

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh turunan coronavirus baru yang menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan. Penyebaran Covid-19 terjadi terutama dari orang ke orang melalui droplet dari hidung atau mulut yang keluar saat penderita Covid-19 batuk, bersin atau berbicara. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan seperti, meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kebersihan diri, dan selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) ketika bepergian keluar rumah. Observasi yang dilakukan di Desa Sibang Gede didapat permasalahan yaitu, kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai Covid-19, tidak terdapat program pemberian face shield, program pemasangan spanduk dan program penyemprotan disinfektan ramah lingkungan. Adapun program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan adalah penyuluhan mengenai upaya pencegahan Covid-19, pelatihan pembuatan face shield dan pembagian face shield, pemasangan spanduk protokol Covid-19 dan pelatihan pembuatan disinfektan dan penyemprotan disinfektan berbahan ramah lingkungan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk meningkatkan upaya pencegahan penularan dan penanggulangan Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode penyuluhan dari Satgas Covid-19, pelatihan pembuatan face shield dan disinfektan dan praktik yaitu pemasangan spanduk, pembagian face shield dan penyemprotan disinfektan. Hasil kegiatan ini menjadikan masyarakat mempunyai pemahaman yang tinggi mengenai Covid-19, mampu membuat face shield sederhana dengan mandiri, menggunakan face shield sebagai proteksi diri ketika bepergian keluar rumah, menambah wawasan ketika bepergian ke tempat umum dengan adanya spanduk dan mampu membuat disinfektan dengan bahan dasar ramah lingkungan dengan mandiri sehingga penyemprotan dapat dilakukan dengan rutin dan lingkungan menjadi bersih dan sehat.

References

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 2020. Disinfektan Alternatif Covid-19. Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia.

JDIH Pemerintah Provinsi Bali. 2020. Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Berita Daerah Provinsi Bali Tahun 2020

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Nomor HK.02.02/III/375/2020 tentang Penggunaan Bilik Desinfeksi dalam Rangka Pencegahan COVID-19.

Larasati, A.L., Gozali, D., Haribowo C. 2020. Penggunaan Disinfektan dan Antiseptik pada Pencegahan Penularan Covid-19 di Masyarakat. Majalah Farmasetika. 5(3)

Silalahi, Albinus. 2020. Perubahan Pola Hidup pada Situasi Covid-19 Adaptasi Pada Pola Hidup Normal Baru. State University of Medan.

World Health Organization. 2020. Pesan dan Kegiatan Utaman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Unicef

Yuliana. 2020. Corona Virus Disease (Covid-19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine. 2(1)

Published
2021-04-09