UPAYA PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT MENGENAI ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI DESA SUMERTA KAUH KECAMATAN DENPASAR TIMUR

  • Ida Ayu Andhita Dewi Suarisavitra Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Krismayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Sulatra Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Coronavirus adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) adalah penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Berdasarkan bukti ilmiah, Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui droplets saliva atau percikan hidung saat seseorang yang terinfeksi virus ini batuk ataupun bersin. Menurut data Dinas Kesehatan Kota Denpasar, jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 per tanggal 10 Agustus 2020 di Desa Sumerta Kauh tercatat sebanyak 13 kasus dan seluruh kasus tersebut telah dinyatakan sembuh. Meskipun demikian, angka kasus Covid-19 di Kota Denpasar terus meningkat seiring waktu dan dalam pencegahan Covid-19 ini masyarakat perlu memahami dan menerapkan tatanan hidup baru atau yang disebut dengan “Adaptasi Kebiasaan Baru”. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim pelaksana kegiatan hadir ditengah masyarakat dengan memberikan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat mengenai penerapan kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari. Dimana dengan diterapkannya kebiasaan baru ini, masyarakat dapat melaksanakan berbagai kegiatan atau aktivitas dengan aman, sehat, produktif dan tercegah dari infeksi virus corona. Adapun solusi yang dapat dilakukan dalam menanggulangi permasalahan yang terjadi adalah mengedukasi masyarakat mengenai Adaptasi Kebiasaan Baru melalui pemasangan poster dan sosialisasi, memberikan edukasi mengenai cara mengenakan dan mencuci masker kain dengan benar dan memberikan pelatihan mengenai cara membuat disinfektan menggunakan produk rumah tangga.

References

Denpasar Safe City. 2020. Available on https://safecity.denpasarkota.go.id. Diakses tanggal 10 Agustus 2020

Desa Sumerta Kauh Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. 2016. Available on https://sumertakauh.denpasarkota.go.id/. Diakses tanggal 10 Agustus 2020.

Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. 2020. Available on http://promkes.kemkes.go.id. Diakses tanggal 9 Agustus 2020.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19).

World Health Organization (WHO). 2020. Available on https://www.who.int/healthtopics/coronavirus. Diakses tanggal 10 Agustus 2020.

Published
2021-04-09