PEMANFAATAN YOGA UNTUK MERINGANKAN DAMPAK PSIKOLOGIS MASYARAKAT DESA PENATIH AKIBAT PANDEMI COVID-19

  • I Komang Sulatra Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Krismayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Made Nirmalasari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: COVID-19, yoga, psikologis

Abstract

Pada awal tahun 2020, dunia di gemparkan dengan adanya wabah pneumonia baru yang bermula dari Wuhan, Provinsi Hubei yang kemudian menyebar dengan waktu yang relatif singkat hingga ke berbagai negara dan mencapai lebih dari 190 negara. Tingkat kecemasan atau depresi pernah dirasakan sebelumnya juga ketika merebaknya berbagai virus termasuk virus Ebola, dukungan psikososial mungkin diperlukan untuk orang dengan pengalaman terkait Ebola. Desa Penatih merupakan salah satu target program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Mahasaraswati Denpasar dalam rangka peduli bencana Covid-19. Adapun permasalahan mitra selama pandemi Covid-19 yakni kecemasan kelompok masyarakat yang berlebihan menimbulkan penurunan kesehatan psikologis maupun fisik yang mempengaruhi imun dalam tubuh dan dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit dan kurang pedulinya kelompok masyarakat mengenai wabah pandemi ini diakibatkan kurangnya kegiatan positif yang bisa dilaksanakan dirumah saja. Melalui program ini dapat memberikan alternatif pilihan kegiatan untuk tetap berada dirumah saja guna menjaga kesehatan kelompok masyarakat itu sendiri dan mendukung kegiatan pemerintah agar dapat menekan angka kenaikan kasus Covid-19. Metode yang diberikan melalui via daring dilaksanakan 2 kali dalam seminggu selama 3 minggu.

References

Eryadini, N., Nafisah, D. dan Sidi, A. (2020). Psikologi Belajar Dalam Penerapan Distance Learning. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(3).

Dwitayasa, I. M. (2018). Hidup Sehat Bersama Yoga. Jurnal Yoga Dan Kesehatan, 1(1).

Rosyanti, L., & Hadi, I. (2020). Dampak Psikologis dalam Memberikan Perawatan dan Layanan Kesehatan Pasien COVID-19 pada Tenaga Profesional Kesehatan. Health Information: Jurnal Penelitian,12(1), 107-130.

Published
2021-04-09