PENINGKATAN KECERDASAN BANGSA DI ERA COVID 19 PADA KELOMPOK SISWA SDN 4 WATANG SIDENRENG KELURAHAN KANYUARA

  • Ni Wayan Krismayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Sulatra Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Iyan Anugrah Nasir Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: COVID-19, pendidikan, pembelajaran, bimbingan belajar, SD, IPA

Abstract

Program kerja pendidikan di Era Covid 19 ini dilatar belakangi kerena dampak dari pandemi COVID 19 yang mempengaruhi aspek kehiduapan terutama dari segi pendidikan yaitu kurangnya akses dan pemahaman siswa pada masa COVID 19 mengenai pembelajaran yang harusnya dilaksanakan disekolah. Program kerja ini bertujuan memberikan pembelajaran mata pelajaran yang relevan dan membantu siswa menyelesaikan tugas dari pihak sekolah pada siswa kelas VI SDN 4 Watang Sidenreng di lingkungan 1 kelurahan Kanyuara. Program kerja dilaksanakan dengan konsep tatap muka (luring) dengan metode pembelajaran ceramah plus tanya jawab disertai pembimbingan menyelesaikan tugas yang dimana tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada. Rencana kegiatan akan dilakukan selama 3 minggu dengan 5 kali pertemuan yang terdiri 2 kali pertemuan pembelajaran, 2 kali pertemuan pembimbingan dan 1 kali pertemuan evaluasi untuk mengukur keberhasilan dari kegiatan ini. Target yang ingin dicapai pada program ini yakni diharapkan setelah dilakukannya pengabdian ini siswa dapat lebih memahami pembelajaran guna menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pihak sekolah. Disamping itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembalikan semangat belajar dan sosialisasi siswa atau kelompok sasaran yang telah jenuh dengan pembelajaran jarak jauh yang kurang efektif.

References

Aji, R. H. S. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.

Firdaus, D. N. I. 2018. Pengaruh Aktif Berorganisasi Kampus Dan Kehidupan Sosial terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fiai Uii. Skipsi. Universitas Islam Indonesia.

Hanoatubun, S.2020. Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146- 153.

LPPM. 2020. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.

Susilo, A.R. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67.

Published
2021-04-09