PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PEMASARAN PRODUK OLAHAN TAUGE DI ERA PANDEMI COVID-19 DI DESA TEGAL BEBALANG BANGLI

  • Lis Julianti Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Susrama Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Ayu Melia Astariyani Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: UMKM, media sosial, promosi

Abstract

Di zaman yang modern ini untuk meningkatkan program penjualan bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti memberi diskon kepada pelanggan, adalah dengan Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Gitosudarmo (2000:237) mengemukakan pengertian promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepad mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut. Promosi adalah salah satu cara penjualan yang alternatif bagi pelaku usaha saat ini dengan adanya promosi ini dapat menarik perhatian masyaraka umum untuk membeli prodak yang dijajakan. Promosi saat ini bisa dipasarkan dimana saja.

Promosi bisa dilakukan melalui media massa ataupun internet.Penetrasi internet dan ponsel pintar membuat Indonesia menjadi pangsa pasar digital yang sangat menjanjikan. Hingga saat ini banyak pelaku usaha yang sedang asik memanfaatkan media sosial sebagai ajang untuk penjualan prodak. Sayangnya kesempatan ini tidak serta merta bisa dinikmati oleh semua pemilik bisnis, khususnya para UMKM yang belum memiliki literasi digital tinggi. Salah satunya di Desa Tegal, mereka belum paham bagaimana konsep marketplace bekerja, pemasaran melalui media online dan lainnya. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir membawa misi untuk membantu UMKM melakukan promosi baru. Caranya menarik, yakni dengan melibatkan pelaku usaha dan langsung membantu UMKM di sekitarnya dengan menggunakan Aplikasi Instagram dan penyebaran brosur. Aplikasi ini didesain layaknya media sosial, setiap pengguna dapat mengunggah informasi mengenai UMKM yang telah ditemui. Jadi cara ini dianggap mampu untuk mengusai pangsa pasar. Karena mengingat pada jaman sekarang semua melibatkan media sosial.

References

Kuriawati, D. (2015). Jurnal Simbolika. Jakarta.

LPPM Unmas Denpasar. (2020). Buku Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Published
2021-04-09