PELAKSANAAN PROGRAM “MASTOL” DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI ASPOL KRENENG

  • I Made Sastra Wibawa Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar, 3Fakultas Hukum Universitas
  • Tjokorda Istri Praganingrum Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar, 3Fakultas Hukum Universitas
  • Ni Nyoman Mahalia Tri Astami Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Covid-19, pengabdian, protokol kesehatan

Abstract

Menghadapi permasalahan global pandemi Covid-19, tentu semua Negeri mengalami masamasa sulitnya, tak terkecuali Indonesia. Kebijakan-kebijakan dibuat oleh Negara-Negara dalam menghadapi situasi yang sulit ini hingga Negara Indonesia yang dimana semua masyarakatnya dianjurkan untuk stay at home yang bertujuan menghambat atau bahkan menghentikan laju perkembangan dari virus tersebut. Anjuran “stay at home” yang didengungkan Pemerintah untuk membatasi aktivitas masyarakat dalam upaya menekan penyebaran virus, tentu mengakibatkan adanya perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia. Dengan adanya Protokol Kesehatan tersebut tentu tidak semua masyarakat dapat beradaptasi dengan kebiasaan tersebut, seperti penggunaan masker dan face shield, atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara online. Di Bali, khususnya didaerah Asrama Polri Kreneng, masih banyak masyarakat yang belum terbiasa dengan kebiasaan yang dianjurkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dengan ini, sebagai Tim yang melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi penulis ingin memberikan kontribusi didaerah tempat tinggal penulis menghadapi Covid-19.

References

http://covid-19-bekerja-dengan-dan-untukanak-anak-muda-2020.pdf

LPPM Unmas Denpasar. (2020). Buku Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., ... & Chen, L. K. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67.

Published
2021-04-09