OPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA SISWA SMP KELAS 8 DI DESA KESIMAN KERTALANGU PADA MASA PANDEMI COVID 19

  • Kadek Rahayu Puspadewi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasarwati Denpasar
  • Dewa Gede Agung Gana Kumara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasarwati Denpasar
  • Ni Putu Deazy Cintya Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: pembelajaran daring, Google Classroom, Google Meet

Abstract

Adapun tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengoptimalkan proses pembelajaran daring pada siswa SMP Kelas 8 Di Desa Kertalangu. Siswa SMP kelas 8 di Desa Kesiman Kertalangu perlu mendapatkan pelatihan menggunakan aplikasi pembelajaran seperti Google Classroom dan Google Meet yang digunakan sebagai sistem pembelajaran daring pada saat ini, karena hasil observasi banyak siswa yang belum memamahi dan mengerti penggunaan aplikasi Googel Classroom dan Google Meet serta siswa juga kurang memahami materi yang telah diberikan. Adapun pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa pelatihan pada siswa SMP kelas 8 di Desa Kesiman Kertalangu mengenai cara menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet serta memberikan link pembelajaran melalui media Youtube dan mengjarkan siswa untuk membuat link untuk belajar kelompok pada Google Meet.

References

Aji, Rizqon Halal Syah. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia:Sekolah,Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar,7(5),395- 402.

Arsendy, Senza, George Adam Sukoco dan Rasita Ekawati Purba. 2020. Riset dampak Covid-19: potret gas akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi. http://www.google.co.id/amp/s/theconversation.com/amp/riset-dampakcovid-19-potret-gap-akses-onlinebelajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534 (diakses tanggal 9 Agustus 2020)

Published
2021-04-09