PENINGKATAN KESADARAN STT DALAM PENNGULANGAN WABAH COVID 19 DI DESA SIBANG KAJA BANJAR SINTRIG

  • Dewa Gede Agung Gana Kumara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Surya Aditya Pratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: protokol kesehatan, STT

Abstract

Protokol kesehatan dibentuk dengan tujuan agar masyarakat tetap dapat beraktivitas secara aman dan tidak membahayakan keamanan atau kesehatan orang lain. Sayangnya, masih banyak yang mengabaikan pentingnya protokol kesehatan di masa pandemic ini, salah satunya di desa sibang kaja banjar sintrig khususnya pada anggota STT. Kurangnya kesadaran anggota STT dalam menjalankan protokol kesehatan seperti penggunaan masker yang benar dan cara mencuci tangan dengan benar. Penyemprotan disenfektan sudah pernah dilakukan, tetapi pada masa new normal jarang dilakukan penyemprotan, karena kurangnya kesadaran anggota STT dalam menjalankan protokol kesehatan di masa new normal terlebih lagi biaya dalam pembelian disenfektan cukup mahal.Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan Kesadaran STT Karma Prasetya Banjar Sintrig untuk melakukan protokol kesehatan pada masa pandemic melalui kegiatan penyuluhan menggunakan masker dengan benar bila keluar rumah serta mencuci tangan saat memasuki lingkungan banjar dan memberikan pengetahuan cara membuat disinfektan serta melakukan penyemprotan. Hasil pengabdian masyarakat ini sudah berhasil diterapkan dengan baik dalam meningkatkan protokol kesehtan kepada anggota STT.

References

Dinkes, 2020 Keputusan mentri kesehatan nomor HK 01.07/MENKES/104/2020 tentang penetapan infeksi Novel Coronavirus (infeksi 2019-nCoV)

Ambarwati, E.R; Prihastuti, 2017 "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Dan Air Mengalir Sebagai Upaya Untuk Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Sejak Dini", Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1): 45–52

Rutala, W A., Weber, D J. dan Healthcare Infection Control Practices Advisory Committee (HICPAC). 2019. Pedoman Disinfeksi dan Sterilisasi fasilitas kesehatan, 2008 Update: Mei 2019.

Published
2021-04-09