PENINGKATAN PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN SECARA MODERN TENUN IKAT SONGKET YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 MELALUI MEDIA ONLINE DI DESA SIDEMEN

  • Kadek Adi Wibawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Letra Fakultas Teknik, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • NI Putu Cika Yunita Darmayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: dampak Covid-19, sosial media, market place, UMKM

Abstract

Sejak masuknya Covid-19 ke Indonesia mulailah dirasakan dampaknya, yaitu pada pertengahan Maret oleh Ni Kadek Winiyanti dan Kelompok Tenun Ikat Songket yang mulai kesulitan dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Karena banyaknya event tradisional yang dibatalkan membuat hasil tenunan susah untuk di promosikan kembali. Permasalahanpermasalahan serius dihadapi diantaranya pada aspek teknologi dan menurunnya permintaan serta pendapatan masyarakat dari penjualan tenun songket akibat beberapa event yang dibatalkan dan belum optimalnya pemahaman masyarakat mengenai pemasaran produk melalui sosial media. Permasalahan lain adalah masih banyak penenun songket yang belum mengetahui cara mengemas produk tenun dengan cara modern seperti diolah menjadi tas, dompet, dan sebagainya. Permasalahan berikutnya adalah aspek produksi dimana mitra belum mengetahui bagaimana cara mengelola tenun songket menjadi tas dan dompet agar lebih diminati masyarakat luas dan diterima di semua kalangan. Pelaksanaan program dalam rangka memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi mitra: difusi IPTEK melalui pelatihan menggunakan media sosial dan market place, pemasaran produk secara online menggunakan aplikasi Instagram, Facebook, Shopee, dan Tokopedia, serta pelatihan pembuatan sketsa untuk pengelolaan tenun menjadi tas dan dompet. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas UMKM Tenun Ikat Songket untuk meningkatkan nilai ekonomi dan produksi yang dijual.

References

Anang, S, dkk. 2020. Pedoman Pencegahan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI (Diakses pada hari Senin, 31 Agustus 2020 pada link: https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/REV05_Pedoman_P2_COVID19_13_Juli_2020.pdf)

Aarker, David. 2013. Manajemen Pemasaran Strategis. Edisi 8. Jakarta : Salemba Empat

Carter, J., 2014. Social Media Strategies in Small Business. Manchester: Manchester Metropolitan University

Evans, Dave. 2008. Social Media Marketing An Hour A Day. Canada: Wiley Publishing, Inc

Evans, Dave. 2010. Praise for Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc

Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Keenam. Yogyakarta: BPFE.

Hermawan, Agus. 2012. KomunikasiPemasaran. Jakarta :Erlangga

Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary.2012. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Pakpahan, Aknolt Kristian. 2020. COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional. Fakultas lmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soegoto, Eddy S., 2014. Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. Jakarta: PT. Gramedia

Tim penyusun. 2020. Pengendalian Stunting di Era Pandemi COVID-19. Jakarta. (Diakses pada hari Senin, 31 Agustus 2020 pada link: http://kesmas.kemkes.go.id/portal/konten/~rilis-berita/060912-pengendalian-stunting-di-erapandemi-covid-19 )

Tuten, Tracy. 2008. Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World, Greenwood Publishing Group

Published
2021-04-09