EDUKASI KEPADA PARA UMKM DALAM PENANGANAN KRISIS PEREKONOMIAN PADA SAAT WABAH COVID-19

  • Putu Dewi Sridepi Ernawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ketut Sumantra Program Pascasarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Nyoman Mantra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: edukasi, Covid-19, UMKM

Abstract

Pada masa ini para UMKM dihadapi dengan hal yang sebelumnya belum pernah terjadi yang menyebabkan banyak UMKM khususnya para pedagang atau warung mengalami kerugian pasca masa pandemic ini. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir membawa misi untuk membantu UMKM dalam memberikan edukasi-edukasi kepada para UMKM dalam penanganan krisis ekonomi pada masa covid-19 ini. Pemberian edukasi mengenai bagaimana cara pencegahan infeksi covid-19 kepada para pedagang sangat penting untuk diberikan, mengingat beberapa pedagang terutama yang sudah lanjut usia sangat minim pengetahuan mengenai covid-19. Oleh karena itu, dimasa pandemi sangat perlu memberikan edukasi mengenai cara pencegahan covid-19 kepada para pedagang agar mereka tetap bisa melakukan kegiatan jual beli sesuai dengan protokol kesehatan. Mengingat para pedagang sangat rentan terinfeksi, dikarenakan pedagang selalu berinteraksi langsung dengan para pembeli atau konsumen, sehingga kemungkinan besar berpeluang untuk terinfeksi covid-19. Serta tujuan dari pengabdian masyarakat ini yakni pemberian masker atau “face shield” kepada para UMKM agar pedagang terlindungi dari virus covid-19 serta para pembeli pun merasa aman ketika berbelanja. Dengan memberikan edukasi kepada para pedagang mampu memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi dimana masyarakat tetap bisa melakukan kegiatan berdagang tanpa takut terinfeksi covid-19 dikarenakan sudah memahami otomatis pembeli aman dan pedagang pun aman terhindar dari covid-19 dan menerapkan prosedur dari protokol kesehatan covid-19 serta mampu lebih berinovasi sehingga para UMKM atau pedagang bertahan ditengah wabah virus ini dan UMKM pun tetap berjalan dan tidak mengalami gulung tikar.

References

Amri, Andi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Articles. Universitas Hasanuddin:Makassar.

LPPM. 2020. Buku Panduan Pengabdian Kepada masyarakat Peduli Bencana Covid-19 Universitas Mahasaraswati Denpasar. LPPM Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.

Marlinah,Lili. 2020. Peluang dan Tantangan UMKM dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 ditengah Pandemi Covid19. Jurnal Ekonomi. Univeritas Bina Sarana Informatika:Jakarta.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta:Prenadamedia Group

Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta:Pustaka Baru Press.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/27/163200923/indonesiamenuju-new-normal-corona-iniprotokol-kesehatan-covid-19yang?page=all diakses pada tanggal 28 agustus 2020

https://money.kompas.com/read/2020/05/05/184512726/8-tips-agarumkm-dapat-bertahan-ditengahviruscorona diakses pada tanggal 28 Agustus2020

Published
2021-04-09