OPTIMALISASI MASYARAKAT DESA TEGAL HARUM DALAM MELAKUKAN GERAKAN PRODUKTIF DI TENGAH PANDEMI COVID-19

  • Kadek Wisnu Wardana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Tamba Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: promosi, hand sanitizer, Instagram bisnis

Abstract

Penyebaran wabah Covid-19 yang begitu cepat di Indonesia tentunya memberikan pengaruh yang besar bagi ekonomi Indonesia. Di masa pandemi Covid 19 ini banyak perusahaan yang melakukan tindakan PHK terhadap karyawa. Hal ini mengakibatkan masyarakat menjadi bingung untuk mendapatkan dana tambahan untuk mencukupi kebutuhan, dan banyak masyarakat yang mulai beralih profesi membuka usaha bisnis online atau berdagang secara langsung. Pelaksana mengusulkan dalam mengatasi masalah yang dialami masyarakat sekitar adalah dengan cara memberikan edukasi dalam menjalankan usaha sampingan. Dimana pelaksana akan mensosialisakan tentang tata cara pembuatan hand sanitizer yang baik serta bisa membuat nya sendiri dan kemudian akan dipasarkan untuk mendapatkan uang tambahan dari usahanya tersebut. Pelaksana akan berperan dalam penyebaran informasi tersebut serta membantu dalam mengajarkan sistem pemasaran melalui media online. Maka dari itu penyuluhan pemasaran produk secara online dirasa sangat membantu masyarakat. Ini adalah cara modern untuk berpromosi karena memungkinkan orang melihat produk yang dipromosikan melalui teknologi terkini.

References

IdWebshost 2019 Mengenal lebih dalam fitur facebook marketplace https://idwebhost.com/blog/facebookmarketplace/ (Diakses tanggal 11 September 2020).

Ningtyas2020.Memasksimalkan.Instagram. Bisnis.untuk.mendongkrak.penjualan.https://www.niagahoster.co.id/blog/instagram-bisnis/ (Diakses tanggal 11 September 2020).

Instagram 2019 Panduan untuk Memulai Instagram Business https://business.instagram.com/gettingstarted?locale=id_ID(Diakses tanggal 12 September 2020).

Sulaeman, S., & Supriadi, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Jelantik Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Diseases–19 (Covid-19). Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1).

Kemendesa. (2020) Protokol Relawan Desa Lawan COVID19. Jakarta:Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

William G. Nickels, 2008. Manajemen Pemasaran Modern,EdisiKedua,Cetakan Ketigabelas, Basu, Swastha DH., Irawan) Yogyakarta: Liberty Offset

Published
2021-04-09