PEMANFAATAN WAKTU LUANG PADA ANAK-ANAK DI DESA DAUH PURI KAUH DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Anak Agung Putri Maharani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Suparsa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Maysi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Anak-anak, edukasi, covid-19

Abstract

Akhir-akhir ini semakin banyak keluhan dari para orang tua tentang anak-anak mereka yang tidak dapat memanfaatkan waktu luangnya saat masa pandemi Covid-19. Hai ini disebabkan oleh semakin sempitnya ruang lingkup anak-anak yang mengharuskan mereka melakukan segala aktifitas meraka di rumah masing-masing yang menyebabkan munculnya perasaan jenuh akibat banyaknya tugas sekolah yang saat ini menggunakan sistem online dan kurangnya interaksi dan sosialisasi anak pada masyarakat sekitar. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir membawa misi untuk memberi edukasi pada anak-anak bagaimana cara memanfaatkan waktu luang yang mereka miliki dengan kegiatan yang positif dan menyenangkan. Caranya menarik, yaitu mengajak anak-anak di lingkungan Desa Dauh Puri Kauh mencari ide kreatif melalui youTube atau media sosial lainnya. Efektivitas Program diukur menggunakan kuesioner. Hasil akhir kuesioner menunjukan lebih dari 50% menanggapi baik hasil kegiatan ini, yang di mana dapat disimpulkan anak-anak sangat antusias dengan adanya kegiatan ini.

References

Fauziddin, M. 2016. Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2(1).

Idris M Noor. 2013. Perspektif Ilmu Pendidikan. Jurnal. Vol. 27 No.2

Kompas.com. 2020. Dampak Psikologis pada Anak yang Sekolah dari Rumah. Artikel.

Lodico. M. G., Spaulding. D.T., Voegtle. K H. 2006. Methods in educational research Form theory to practice. John Wiley &Sons Inc. Jossey-Bass A Wiley Imprint 989 Market Street,

Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. 2002. Psikologi perkembangan pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Muhajir, A. 2007. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat peserta didik kelas X dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Islam Sultan Agung I Semarang. Skripsi.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.

Popsy, T. (2007). Jurnal psikologi populer. Diakses dari situs http://popsy.wordpress.com/2007/06/05/mengisi-celah-waktuluang pada tanggal 1 Pebruari 2012.

Kurnia, R. (2011). Akhlak Mulia Menjadi Dirimu Yang Terbaik Jurnal. Jakarta: PT. Imperial bhakti utama.

Sumahendra N. 2015. Hubungan Antara Penggunaan Waktu Luang dan Kenakalan Pada Remaja Dengan Prestasi Akademik Siswa SMPN 2 Pandak Bantul Tahun Ajaran 2014-2015. Artikel. Universitas PGRI Yogyakarta

Published
2021-04-09