EDUKASI CARA PEMBUATAN HANDSANITIZER DARI LIDAH BUAYA

  • I Nyoman Suparsa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putri Maharani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Sherly Arsita Dewi
Keywords: handsanitizer, lidah buaya

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 banyak masyarakat kesulitan untuk mendapatkan handsanitizer atau pembersih tangan, setelah pengumuman adanya pasien terinfeksi virus corona di Indonesia. Edukasi cara pembuatan handsanitizerd dari lidah buaya yang dilaksanakan di Banjar Negari Desa Sading dengan 5 peserta yaitu masyarakat. Lidah buaya (Aloe vera) merupakan tanaman hias yang mudah dibudi dayakan dengan berbagai manfaat untuk kesehatan, diantaranya sebagai antiseptik, yang mampu menghambat pertumbuhan jamur, bakteri dan virus, namun belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat Universitas Mahasaraswati hadir untuk membantu masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan handsanitizer dengan cara memberikan edukasi cara pembuatan handsanitizer dari lidah buaya. Efektivitas program diukur dengan menggunakan pre test dan post test. Skor yang didapatkan oleh peserta saat pre test yaitu 50-70 dan saat post test mendapatkan hasil 80-100. Kegiatan berjalan dengan lancar dan efektif dan menambah pengetahuan dari Masyarakat.

References

Asfar, AMIA. 2018. Analisis Kualitatif Fitikomia Kandungan Flavonoid Ekstrak Kayu Sepang (Caesalpinia Sappan L.) Dari Ekstraksi Metode Ultrasonic Assisted Solvent Extraction.

Fadhilah, A.P., Ma’ruf, W.F., Dan Rianingsih, L. 2013. Efektivitas Lidah Buaya (Aloe Vera) Di Dalam Mereduksi Formalin Pada Fillet Ikan Bandeng (Chanos Chanos Forsk) Selama Penyimpanan Suhu Dingin. Jurnal Pengolahan Dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 2(3): 21-30.

Fatimah, C., & Ardiani, R. (2018, April). Pembuatan Hand Sanitizer (Pembersih Tangan Tanpa Air) Menggunakan Antiseptik Bahan Alami. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 1, No. 1, Pp. 336-343).

Khamidah, S., Saefurrohim, M. Z., & Sholahuddin, I. Pembuatan Hand Sanitizer Alami Sebagai Upaya Peningkatan Personal Higiene Masyarakat Desa Kalikayen, Kota Semarang.

Ridlo, M. 2018. Mengenal Potensi Bandotan Obat Infeksi dan Zat Anti Bakteri. https://www.liputan6.com/regiona l/read/3633610/mengenal-potensibandotan-obat infeksi-dan-zatanti-bakteri. Diakses pada tanggal 16 Maret2020.

Susilo, J., Erwiyani, A. R., & Hati, A. K. (2020). Pembekalan Hand Hygiene Dan Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Lidah Buaya (Aloe Vera L.) Di Sma Negeri 1 Ungaran Kabupaten Semarang. Indonesian Journal Of Community Empowerment (Ijce), 2(1).

Wijaya, Rizky.A. 2013. Formulasi Krim Ekstrak Lidah Buaya (Aloe Vera) Sebagai Alternatif Penyembuh Luka Bakar. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Published
2021-04-09