EDUKASI CARA PEMBUATAN MASKER KAIN KEPADA UMKM KONVEKSI MELALUI VIDEO TUTORIAL DI YOUTUBE

  • Ni Putu Citra Aprilia Cahyani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putri Maharani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Suparsa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: masker kain, edukasi, UMKM

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 banyak UMKM yang mengalami dampak diantaranya yaitu penurunan pendapatan salah satunya yaitu UMKM Konveksi. Edukasi cara pembuatan masker kain dilaksanakan di UMKM Konveksi Perumahan Perumahan Eka Cakra Abianbase dengan 5 peserta yaitu Pelaku UMKM. Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati hadir untuk membantu UMKM yang terkena dampak dari pandemi covid-19 untuk lebih kreatif dalam melakukan pengembangan bisnis dengan istilah “banting setir” caranya yaitu dengan memberikan edukasi mengenai ide kreatif untuk menciptakan produk yang berguna saat pandemi covid-19 dan memiliki nilai jual yaitu masker kain dengan menonton video tutorial dari youtube tentang cara pembuatan masker kain yang baik dan benar. Efektivitas program diukur dengan menggunakan pre test dan post test. Skor yang didapatkan oleh peserta saat pre test yaitu 30 sampai 80 dan saat post test mendapatkan hasil 80 sampai 100. Kegiatan berjalan dengan lancar dan efektif dan menambah pengetahuan dari Pelaku UMKM.

References

Lestari, P. A., Hanindharputri, M. A., & Lestari, N. P. E. B. (2020). Gerakan 1.000 Masker Untuk Pencegahan Virus Covid 19 Di Pasar Yadnya Desa Adat Kesiman Denpasar Timur. Jurnal Lentera Widya, 1(2), 39-44.

Pratiwi, A. D. (2020). Gambaran Penggunaan Masker di Masa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat di Kabupaten Muna. Prosiding Nasional Covid-19, 52- 57.

Rangki, L., & Dalla, F. (2020). Upaya pencegahan dan penanggulangan transmisi covid 19 melalui program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 266- 274.

Sunaryo, D. (2020). Pembuatan Masker Kain Sebagai Pencegahan Penularan Virus serta Mengoptimalkan Pendapatan di Masa Pandemi Covid-19 bagi Masyarakat di Desa Sukaratu. Jurnal Abdidas, 1(4), 183-192.

Published
2021-04-09