PEMBERDAYAAN PELAKU PASAR KERTA WARINGIN SARI MELALUI PROTOKOL KESEHATAN DALAM MENCEGAH PANDEMI COVID 19

  • I Made Tamba Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Anika Murjani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: pasar, protokol kesehatan, rekaman suara

Abstract

Pasar merupakan suatu tempat pertemuan antara penjual dengan pembeli untuk melakukan transaksi. Pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap menurunnya omzet penjualan mencapai 30% akibat penurunan pengunjung di Pasar Kerta Waringin Sari. Kurangnya kesadaran terhadap bahaya pandemi covid 19 mengakibatkan pengunjung merasa berhati-hati ketika ingin berbelanja ke pasar. Permasalahan ini dapat ditanggulangi dengan pembuatan protokol kesehatan dalam bentuk rekaman suara yang nantinya akan disebarluaskan di pasar Kerta Waringin Sari melalui speaker yang sudah tersedia di pasar tersebut. Tujuan utama pemberdayaan pelaku pasar Kerta Waringin Sari adalah untuk memfasilitasi seluruh pedagang dan pembeli dengan protokol kesehatan yang akan didengarkan setiap hari ketika sedang berada di pasar. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah protokol kesehatan pasar melalui rekaman suara yang akan disebarluaskan kepada seluruh pelaku pasar Kerta Waringin Sari.

References

Andika, R., Pratiwi, S.,Anisa, A., & Putri, S. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang Mikro Pada Pasar Tradisional. AlSharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1).

Budi Martini Luh Kadek, Dkk., (2018), Pemberdayaan Kelompok Pedagang Buah Pasar Tradisonal Di Kota Denpasar yang Menghadapi masalah Pengelolaan Usaha dan Strategi Penjualan Ngayah. Volume 8, Nomor :2

Budi Martini Luh Kadek, Sujana Budhiasa, Augusto dan Concein Sores (2017), Anticipated Effort in Modern Growth of Traditional Market Development Strategy in Bali Indonesia. www.isij.in. Open Access Journal

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146-153.

KW, N. I. (2019). Penataan Pasar Rakyat Dan Pasar Modern Di Kota Surabaya. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 2(2), 186-191.

Lestari, P. A., Hanindharputri, M. A., & Lestari, N. P. E. B. (2020). Gerakan 1.000 Masker Untuk Pencegahan Virus Covid 19 Di Pasar Yadnya Desa Adat Kesiman Denpasar Timur. Jurnal Lentera Widya, 1(2), 39-44.

Martini, L. K. B., Kepramerani, P., & Widyani, A. D. (2016). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional dalam Upaya Mengantisipasi Pertumbuhan Pasar Modern di Bali. Prosiding Semnas Hasil Penelitian.

Published
2021-04-09