UPAYA PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN DI RUMAH ANAK-ANAK SD NEGERI 1 NEGARI KECAMATAN BANJARANGKAN KABUPATEN KLUNGKUNG DALAM RANGKA MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19

  • I Wayan Gde Wiryawan Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Cahyadi Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Dwi Suciati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: belajar, dirumah, anak-anak, Covid-19

Abstract

Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran pendemi covid-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan pelajar, tidak kecuali di Indonesia. Gangguan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru dan pembatalan penilaian belajar berdampak pada psikologis anak didik dan menurunnya kualitas keterampilan murid. Pembelajaran secara daring membuat murid-murid maupun orang tua merasa kesusahan. Salah satunya murid-murid SD Negeri 1 Negari di Dusun Negari, banyak orang tua murid yang bekerja sehingga tidak dapat membantu anaknya untuk mengerjakan tugas sekolah. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir membawa misi untuk mendampingi Anak-anak SD Negeri 1 Negari dalam belajar dirumah. Selain membentuk kelompok belajar, terdapat juga edukasi mengenai pencegahan covid-19 yang diharapkan dapat membantu penyebaran covid-19.

References

Dabbagh, N. & Bannan-Ritland, B. 2005. Online Learning. Concept, Strtagies, and Application. Upper Saddle Rive. NJ: Pearson Education, Inc.

Siregar, E., & Nara, H. 2010. Teori belajar dan pembelajaran. Ciawi, Bogor: Ghalia Indonesia

Published
2021-04-09