UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN UKM KUE KERING MELALUI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI DESA MENANGA, KARANGASEM

  • I Gede Cahyadi Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gde Wiryawan Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Ayu Ananda Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: promosi, media sosial, UKM

Abstract

Pandemi virus Corona yang dikenal sebagai Covid-19 bukan hanya sekedar bencana kesehatan tetapi sudah menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar namun hal ini juga berpengaruh sangat dalam bagi sektor UKM. Perilaku ini disebabkan adanya penurunan jumlah pembeli dan berubahnya frekuensi melanja masyarakat. Berdasarkan hasil observasi yang saya lakukan pada UKM yang memproduksi kue kering yang berlokasi di Banjar Dinas Tegenan Desa Menanga Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem didapatkan hasil bahwa, permasalahan yang terjadi akibat Pandemi Covid-19 adalah menurunya tingkat penjualan UKM Kue Kering tentunya hal tersebut berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat sasaran. Berdasarkan fenomena yang terjadi, tim pengabdian merencanakan 3 program kerja untuk membantu mengatasi permasalahan masyarakat sasaran. Diantaranya memberikan pelatihan mengenai bagaimana pengoperasian media sosial, memberikan pelatihan mengenai bagaimana pengemasan produk agar lebih menarik agar banyak konsumen tertarik dan mebelinya, kegiatan yang terakhir yaitu membantu mempromosikan produk dari UKM masyarakat sasaran agar memperluas promosi sehingga terkenal luas. Tujuan dari terlaksananya semua kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan penjualan UKM dari masyarakat sasaran sehingga dapat memperbaiki perekonomian masyarakat sasaran. Metode yang digunakan untuk meningkatkan penjualan yaitu mempromosikan produk melalui media sosial. Target yang ingin dicapai yaitu dilihat dari setiap kegiatan akan yang pertama agar masyarakat bisa mengoperasikan media sosial sehingga berguna terutama di masa pandemi ini. Namun harapannya tidak hanya berguna di masa sekarang namun kedepannya dapat mengembangkan uasaha masyarakat sasaran. Kemudian dari pelatihan pengemasan produk tentunya agar menghasilkan pengemasan yang lebih menarik dari sebelumnya. Dari kegiatan membantu mempromosikan produk tentunya target yang ingin dicapai yaitu menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

References

Indika, Deru R., dan Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.

Kotler and Keller. 2016. Marketing Management. Pearson: Prentice hall.

Pusat Kajian Pemberdayaan Masyarakat sasaran dan Kuliah Kerja Nyata. 2020. Buku Panduan Kulaih Kerja Nyata Peduli Bencana Covid-19. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Maucash. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Sektor UKM di Indonesia. Diunduh tanggal 14 Agustus 2020 pada https://maucash.id/1408-2020.

Sri Warni. 2016. Promosi Menggunakan Pendekatan Fungsional atau Psikologis. diunduh tanggal 15 Agustus 2020 pada https://zahiraccounting.com/id/blog/15-08-2020.

Published
2021-04-09