UPAYA PENINGKATAN SUBSTITUSI PENDAPATAN MASYARAKAT DESA MENGWITANI YANG TERDAMPAK COVID-19 DENGAN KETRAMPILAN PEMBUATAN DAN PENJUALAN LAYANG-LAYANG

  • I Wayan Widnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Legawa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Rai Aditya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Ketrampilan, layang-layang, Covid-19, pendapatan

Abstract

Kasus Covid-19 ini telah mengakibatkan perekonomian masyarakat memburuk. Banyak dampak yang telah diakibatkan oleh virus Covid-19 ini. Pandemi ini menimbulkan ketidakpastian yang berkepanjangan sehingga investasi ikut melemah dan berimplikasi pada terhentinya usaha. Meluasnya pemutusan hubungan kerja (PHK) pada perusahaan serta bekerja dari rumah juga menjadi permasalahan yang dialami oleh masyarakat, karena mengganggu perekonomian masyarakat. Dalam hal ini permasalahan yang dialami masyarakat sasaran adalah masyarakat mengalami kesulitan dalam perekonomian dikarenakan banyak masyarakat sasaran yang lebih dominan bekerja di pariwisata dengan adanya pandemi Covid-19 ini mereka di PHK oleh perusahaan. Oleh karena itu dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, dilakukan dengan memberikan solusi dari permasalahan masyarakat sasaran melalui pelatihan dalam pembuatan dan penjualan layang-layang melalui media sosial sebagai media pemasarannya. Dari hasil kegiatan yang dilakukan masyarakat sasaran mampu mengikuti kegiatan dan berhasil menjual layang-layang dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasarannya.

References

Rizkinaswara, L. 2020. “UMKM Online jadi Solusi Bertahan saat Pandemi Covid-19”

https://aptika.kominfo.go.id/2020/05/umkm-online-jadi-solusibertahan-saat-pandemi-covid19/. Diakses pada tanggal 14 Agustus 2020.

Published
2021-04-09