PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI USAHA POTONG RAMBUT “BARON BARBERSHOP” DI BANJAR BINDU DESA MEKAR BHUANA

  • Ni Made Wersi Murtini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Sulatra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Bagus Ngurah Cahyana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Media Sosial, Promosi, Usaha Baron Barbershop

Abstract

Media sosial merupakan perkembangan teknologi yang memudahkan semua orang untuk dapat berkomunikasi serta dapat menyebarluaskan suatu informasi secara online. Pada saat ini pemanfaatan teknologi informasi sangat diperlukan dalam pengembangan bisnis baik dari perusahaan maupun individu. Terciptanya peluang bagi pengusaha dalam pemanfaatan teknologi informasi yaitu dapat membuat sebuah promosi yang dituangkan melalui penggunaan media sosial Instagram dan Facebook. Ini menjadi sebuah kesempatan bagi pengusaha dalam mempromosikan usahanya dengan mendapatkan konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. Tetapi dalam hal ini tidak semua pengusaha dapat memanfaatkan media sosial. Salah satunya yaitu pengusaha “Baron Barbershop” di Banjar Bindu Desa Mekar Bhuana belum sepenuhnya memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha potong rambut yang dimilikinya. Dari permasalahan tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir untuk membantu dalam pembuatan akun, video promosi, foto dam pamflet dengan tujuan menyebarluaskan usahanya lewat media sosial agar mendapatkan pelanggan yang lebih banyak serta meningkatkan penghasilan dari sebelumnya. Dari kegiatan ini, diharapkan pengusaha dapat menguasai penggunaaan media sosial untuk mempromosikan usahanya secara mudah dan efisien.

References

Arapa, A. 2019. Strategi Promosi Boediman JR Barbershop Yogyakarta Dalam Upaya Meningkatkan Konsumen Melalui Media Instragram Tahun 2017. Skripsi. Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Ardiyanto, A. 2018. Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Skripsi. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Published
2021-04-09