UPAYA PENINGKATAN EKONOMI USAHA PADA UD. GAJAH SURYA DI DESA ADAT KAPAL

  • I Kadek Jodi Irawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nengah Suardhika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Kepramareni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: UMKM, inovasi produk, pemasaran digital

Abstract

Mengawali tahun 2020, Indonesia diresahkan dengan adanya pandemi virus corona atau Covid-19 (Corona Virus Desease-19). Salah satu yang terkena dampaknya adalah sektor UMKM. Di masa Pandemi sektor UMKM mengalami penurunan omset penjualan yang sangat signifikan yang menyebabkan masyarakat khususnya pemilik UMKM mengalami kesulitan finansial. Salah satu usaha yang terdampak pandemi virus Covid-19 ini adalah UD. Gajah Surya yang terletak di Br. Tegal Saat Delodan, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. UD. Gajah Surya merupakan usaha yang bergerak di bidang industri manufaktur yaitu supplier bahan bangunan berupa Mill dan Calcium Carbonat yang bermerek GAJAH SURYA. Melihat kondisi tersebut, melalui Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir membawa solusi untuk membantu UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 ini. Solusinya yaitu dengan membuat program kerja UMKM Melawan Pandemi, dimana proker ini memiliki tujuan yakni menciptakan produk baru yang berbahan dasar Mill dan Calcium Carbonat yaitu dengan membuat kerajinan pot bunga dan pot bonsai. Kemudian memasarkan hasil kerajinan pot tersebut melalui pemasaran digital dengan memanfaatkan internet dan platform media sosial. Selain itu dalam program kerja ini juga memberikan edukasi, simulasi, pendampingan dan evaluasi mengenai manfaat internet sebagai media pemasaran yang diharapkan dapat mendongkrak perekonomian UD. Gajah Surya tersebut agar dapat bertahan ditengah pandemi Covid-19 ini

References

AWALI, Husni. URGENSI PEMANFAATAN EMARKETING PADA KEBERLANGSUNGAN UMKM DI KOTA PEKALONGAN DI TENGAH DAMPAK COVID-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2020, 2.1: 1-14.

LAURA HARDILAWATI, Wan. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 2020, 10.1: 89- 98.

PAKPAHAN, Aknolt Kristian. Covid19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 2020, 59-64.

http://puspensos.kemsos.go.id/en/Publikasi/topic/591

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-forpublic

https://scholar.google.co.id/scholar?q=dampak+covid+terhadap+psikologis&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart

https://www.acehtrend.com/2020/06/11/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-psikologis/

Published
2021-04-09