EDUKASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT GUNA MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS COVID-19 PADA BEBERAPA SISWA SD DI DESA MAMBAL, KEC.ABIANSEMAL, KAB.BADUNG, BALI

  • Ida Ayu Gede Bulan Julyantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Sunarsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Kepramareni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: COVID-19, perilaku hidup bersih & sehat, edukasi, anak-anak

Abstract

Mewabahnya penyebaran virus COVID-19 mengakibatkan kematian ribuan jiwa di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Guna mencegah penyebaran virus COVID-19, pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan social distancing. Anak-anak termasuk pula para siswa SD sangatlah rentan tertular virus COVID-19 ini. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, masih banyak siswa SD yang bermain di luar rumah dengan teman-temannya tanpa menggunakan masker serta tidak menerapkan social distancing. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan memberikan edukasi kepada beberapa siswa SD di Desa Mambal untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi COVID-19. Target yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah agar anak-anak mengerti akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19, memahami pentingnya menerapkan social distancing, serta paham bagaimana etika batuk dan bersin yang baik dan benar guna mencegah penyebaran COVID-19 ini.

References

Amalia, L., & Hiola, F. (2020). Analisis Gejala Klinis dan Peningkatan Kekebalan Tubuh untuk Mencegah Penyakit COVID-19. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 2(2), 71-76.

Chen,Z. M., Fu, J. F., Shu, Q. (2020). Diagnosis and treatment recommendations for pediatric respiratory infection caused by the 2019 novel coronavirus. WorldJournal of Pediatrics.

Hidayat, R. H., & Pemasyarakatan, P. I. (2020). Langkah-Langkah Strategis untuk Mencegah Pandemi Covid-19 di Lembaga Pemasyarkatan Indonesia. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 9(1), 43-55.

Karo, M. B. (2020, May). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 1-4).

Singhal, T. (2020). A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). The Indian Journal of Pediatrics, 87(4): 281–286.

World Health Organization (2020) Coronavirus disease (COVID2019) situation reports. Available at:

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus2019/situation-reports diakses 12 agustus 2020

Published
2021-04-09