PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN NELAYAN DESA ADAT JIMBARAN

  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Landra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Putu Ari Sariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Promosi, Digital Marketing, Penghasilan, Nelayan

Abstract

Sejak adanya Virus Covid-19 ini, banyak dampak yang diakibatkan olehnya, termasuk permasalahan ekonomi. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Dengan masyarakat sasaran yaitu nelayan. Berdasarkan hasil yang didapatkan dengan observasi dan wawacara yang telah dilakukan secara langsung di daerah Jimbaran ditemukan permasalahan yang dihadapi oleh para nelayan yang berada di daerah tersebut, permasalahan ini muncul akibat adanya Covid-19. Masalah yang dihadapi oleh para nelayan adalah banyak nelayan yang mengeluh karena pendapatan yang menurunnya penjualan ikan setiap harinya yang sangat drastis. Disinilah saya membantu untuk melakukan promosi secara daring melalui beberapa sosial media untuk memperkenalkan hasil tangkapan nelayan ini secara luas. Diharapkan bisa membantu meningkatkan pendapatan nelayan di Desa Adat Jimbaran ini. Dan diharapkan program kerja ini bisa dijalankan dengan baik sesuai dengan yang ditargetkan , dan para nelayan ini bisa beraktivitas lebih baik kedepannya.

References

LPPM Unmas. 2020. Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar” https://www.alodokter.com/covid-19/ diunduh tanggal 7 September 2020

Published
2021-04-09