PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMILIK UMKM MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PROMOSI DIGITAL MARKETING DI BANJAR UBUD KELOD, KELURAHAN UBUD, KECAMATAN UBUD, GIANYAR
Keywords:
Media Promosi Digital Marketing, UMKMAbstract
Ubud merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun
internasional. Mayoritas masyarakat di Ubud bergerak dalam bidang pariwisata dan UMKM.
Penghasilan masyarakat di Ubud pun tergolong cukup tinggi. Namun, keadaan tersebut berbanding
terbalik pasca pandemi Covid-19. Sebagian besar pelaku pariwisata dan pemilik UMKM harus
gulung tikar dan berpikir keras untuk mencari strategi efektif dalam mempromosikan barang dan
jasanya agar laku dipasaran. Hal ini dialami oleh pemilik UMKM (Ibu Agung dan Bapak Edi).
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kondisi UMKM Ibu Agung dan Bapak Edi cukup
memprihatinkan. Kedua pemilik UMKM ini harus rela menjajakan barang dan jasanya dengan cara
keliling mengendarai sepeda motor. Hal ini tentu menjadi masalah yang harus dicarikan alternatif
solusi guna memecahkan masalah yang dihadapi oleh pemilik UMKM. Adapun upaya yang dapat
dilakukan dalam memecahkan permasalah tersebut adalah dengan memberikan pemahaman
(edukasi) dan pelatihan keterampilan promosi digital marketing. Secara umum kegiatan Pengabdian
pada Masyarakat (PkM) berjalan dengan baik lancar sesuai dengan tujuan. Dengan adanya program
ini pemilik UMKM di lingkungan Desa Ubud senang dan merasa terbantu karena pemberian
pemahaman mengenai perluasan promosi/pemasaran produk yang efektif, serta pelatihan untuk
meningkatkan penghasilan dari pemilik UMKM dapat terpenuhi. Berjalannya kegiatan ini karena
adanya faktor pendukung seperti para Lurah Ubud beserta staf, Babinsa Ubud dan Kelian Dinas
Banjar yang ikut serta membantu dalam memberikan informasi dalam pendataan UMKM yang ada
di Desa Ubud serta keterlibatan secara aktif dalam pendampingan pemberian pemahaman kepada
pemilik UMKM di Desa Ubud. Partisipasi secara aktif juga ditunjukkan oleh pemilik UMKM yang
aktif mengikuti kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan kegiatan