OPTIMALISASI PEREKONOMIAN USAHA TUKANG JAHIT RUMAHAN JERO WASIKI DI TENGAH WABAH COVID-19 DI DESA BATUBULAN

  • I Nengah Suardhika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Kepramareni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Luh Ayu Kariyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: promosi, digital, penjualan, UMKM

Abstract

Wabah pandemi covid-19 yang menyerang Indonesia tidak hanya berdampak pada kegiatan
keseharian maupun Kesehatan masyarakat, tetapi kegiatan perekonomian juga tidak luput terkena
dampaknya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di Desa Batubulan di
dapatkan salah satu UMKM yang bergerak di bidang tukang jahit pakaian mengalami kemunduran
penjualan karena adanya covid-19 ini. Kegiatan produksi biasanya didapat dari garmen garmen yang
lebih besar dan mendapatkan upah dari jumlah produk yang didapat. Adanya covid-19 membuat
beberapa garmen memilih untuk mengurangi produksi atau tutup sementara sehingga membuat
perekonomian pemilik usaha tukang jahit pakaian Jero Wasiki menjadi tersendat. Kegiatan yang
paling tepat untuk menangani permasalahan ini adalah dengan melakukan kegiatan produksi produk
yang sesuai dengan kebutuhan pasar sekarang, yaitu pembuatan masker kain. Kegiatan promosi
media digital juga sangat penting dilakukan karena dimasa sekarang orang memilih untuk
menggunakan gadgetnya untuk melakukan segala aktifitas, salah satunya belanja. Adanya pandemi
ini membuat orang untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah sehingga membuka lebar peluang
berjualan di media digital. Adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan penjualan dan
perekonomian usaha tukang jahit baju yang dimiliki Jero Wasiki.

References

LPPM Unmas. 2020. Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar”

Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Keenam. Yogyakarta: BPFE.

Published
2021-04-09