E-MARKETING PADA UMKM DI DESA JIMBARAN

  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Landra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Kharisma Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: E-Marketing, Gofood, Instagram, Google Maps, UMKM

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilakukan di desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Dengan masyarakat sasaran yaitu umkm Warung Men Kongsi dan Warung Dong Putu. Kedua warung ini bergerak dibidang makanan dan minuman tradisional khas bali. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan permasalahan penurunan daya beli konsumen akibat pangsa pasar yang hanya warga sekitar lokasi umkm tersebut saja. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir untuk membantu meningkatkan omset penjualan umkm dengan cara memperluas pangsa pasar mereka melalui e-marketing agar lebih diketahui oleh konsumen, sehingga dapat meningkatkan perekonomian para pelaku umkm. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membantu meningkatkan omset penjualan umkm di desa Jimbaran dengan cara memperluas pangsa pasar yang dilakukan dengan menggunakan media digital seperti pendaftaran pada aplikasi gojek (gofood), Instagram dan google maps agar lebih mudah untuk ditemukan oleh konsumen. Serta pelatihan penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut untuk melakukan promosi. Dengan adanya program ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui bagaimana pengaruh media digital untuk meningkatkan omset penjualan.

References

LPPM Unmas. 2020. Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar”

Published
2021-04-09