PEMBERDAYAAN UMKM KULINER DI KELURAHAN BEBALANG
Kata Kunci:
UMKM, Pemberdayaan, digitalisasi, promosiAbstrak
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia. Oleh sebab itu, aktivitas UMKM merupakan kegiatan ekonomi yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat dalam mencukupi kebutuhan hidup. Pasca terjadinya wabah virus Covid 19 mengakibatkan banyak para pelaku usaha yang kesulitan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, tanpa terkecuali para pelaku UMKM yang mendapatkan dampak yang cukup tinggi. Dampak yang mereka rasakan dimana penjualan masih menurun pasca wabah Covid-19 sehingga mereka ingin meningkatkan promosi kepada masyarakat luas. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya digitalisasi berupa pembuatan google maps dan pendampingan dalam pembuatan video promosi UMKM kuliner di kelurahan Bebalang.
Referensi
Agustriyana, D., Ramadhan, N., Oktavien, S., & Sofyandi, R. H. (2021). Bertahan Usaha Pada Umkm Di Tengah Pandemic Covid-19. 71(1), 63–71.
Fadilla, D. O., Kurniawan, R. A., & Anindya, I. B. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Google Maps Sebagai Upaya Branding Umkm Di Desa Kebondalem Oleh Mahasiswa Kkn-T Upn “ Veteran ” Jawa Timur The Use Of Google Maps As A Branding Effort For Small Businesses In Kebondalem Village By Kkn-T Students Of Upn " Veteran " Eas. 2(2).
Insani, S. F., Syahrial, Y., & Putra, A. P. (2022). Optimalisasi Aplikasi Google Maps Sebagai Alternatif Media Promosi Pada Umkm Di Shelter Taman Sriwedari. Warta Lpm, 25(1), 44–56. Https://Doi.Org/10.23917/Warta.V25i1.596
Padang, D. D., Kurnia, M., & Mandey, F. (N.D.). Pemanfaatan Media Videografis Sebagai Sarana Promosi Dalam Rangka Peningkatan Pangsa Pasar Hasil Kerajinan Pandai Besi Di Kecamatan Sanggalangi ’ Kabupaten Toraja Utara Di Masa Pandemi Covid-19 Utilization Of Video Graphic As A Promotion Media To Increasi. 6(1), 99–105.
Rosetia, A., Ayana, M. A., Libora, D., Simatupang, E. G., Fedelia, J., & Haprekunarey, A. L. (2021). Meningkatkan Penjualan Umkm Kuliner Kummi Bolen Melalui Video Promosi. National Conference For Community Service Project (Nacospro), 3(1), 255–259.
Soleh, M., & Adinugraha, H. H. (2022). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Umkm Di Masa Pandemi Covid19 (Studi Pada Mebel Putra Jaya Desa Spait). Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 5(1), 2620–6099.
Sya’dian, T., & Purba, R. (2021). Pembuatan Video Promosi Umkm Rendy Handycraft. Abdimas Budi Darma, 2(1), 1–5.