PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN UMKM LOLOH KUNYIT SRIANDIKA DI DESA PENGLIPURAN, KELURAHAN KUBU, BANGLI

Penulis

  • I Made Sastra Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Opik Mahena Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Widya Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Loloh Kunyit, Minuman Herbal, Desa Penglipuran

Abstrak

Perkembangan zaman dan teknologi saat ini sangat berperan penting dan berdampak pada perjalanan ekonomi yang semakin marak persaingannya, memasuki era revolusi industri ini berdampak pada UMKM sebagai pembangun sektor ekonomi. Pasalnya setiap pelaku usaha memiliki beragam permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan serta mengembangkan usahanya agar mampu bertahan di tengah persaingan pasar saat ini. Keberadaan usaha, mikro, kecil dan menengah UMKM dalam perekonomian Indonesia memiliki peran strategis. Hal ini harus bisa diterapkan dan dilakukan oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah UMKM khusunya di UMKM Loloh Kunyit Sriandika yang menjalankan usaha ini berlangsung kurang lebih 8 tahun, selama berjalanya usaha ini banyak permasalahan yang dihadapi seperti pemilihan bahan baku, kehigenisan produk, proses pengelolahan serta yaitu alat produksi yang digunakan. Maka hal ini bisa berdampak pada perkembangan bisnis yang dilakoni pelaku UMKM tersebut kedepanya.

Referensi

Atmaja, N. P. C. D., & Agustiari, N. K. D. (2022, May). Penerapan Komputerisasi Stok Persediaan Barang, Pelatihan Pelayanan Untuk Meningkatkan Penjualan dan Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan pada Central Repair Station. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 1, No. 1, pp. 407-412).

Dipta, I. (2018). Membangun Jaringan Usaha Bagi Usaha Kecil dan Menengah.

LPPM, 2023. Buku Paduan Pengabdian Masyarakat Tematik. Denpasar. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Permana. (2019). Strategi Pemerdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah UMKM Terhada Pembangunan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Lamongan. Public.Untag-Sby.Ac.Id

Sari & Santoso. (2018). Pengembangan Model Kesiapan UMKM Di Era Revolusi Industri 4.0., Jurnal Media Teknik Dan System Industry. Vol.3 (No.1) Hal. 37 42

Shaferi & Widiastusi. (2013). Reorientasi Jaringan Pemasaran UMKM Di Era Globalisasi Dan Otonomi Daerah. Jp.Feb.Unsoed.Ac.Id

Sholihah, N,.H & Ahmad, M,.J (2022). Pendampingan UMKM Dalam Pengembangan Dan Pemasaran Produk Tahu Tek Di Era Teknologi Modern. JPM17 : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.7 No. 2 (2022).

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-10