OPTIMALISASI PEMASARAN DAN PACKAGING PADA UMKM RENGGINANG DI DESA TIGA
Kata Kunci:
UMKM, Rengginang, logo, media sosialAbstrak
UMKM Rengginang merupakan salah satu usaha yang banyak digeluti masyarakat di Desa Tiga, salah satunya adalah UMKM Rengginang Ibu Suri. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Rengginang Ibu Suri yaitu dari segi kemasan belum adanya logo sebagai identitas usaha yang membuat tampilan produk kurang menarik dan kurang dikenal oleh masyarakat dan dari segi pemasaran belum mengikuti tren masa kini yang memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok dan lainnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah agar UMKM Rengginang Ibu Suri dapat dikenal masyarakat luas dan dapat memaksimalkan pemasaran melalui media sosial. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam melakukan program kerja yaitu tahap observasi, tahap persiapan dan perancangan, tahap pelatihan dan pendampingan dan tahap evaluasi. Solusi yang dapat diberikan yaitu pemberian logo pada kemasan rengginang, yang awalnya hanya dibungkus dengan plastik polos dan dengan membuatkan akun media sosial Facebook sekaligus membantu menjualkan produk rengginang dengan keterangan yang menarik agar mudah menarik para pelanggan.
Referensi
Anggraini, N. P. N., Rustiarini, N. W., & Satwam, I. K. S. B. (2022). Optimalisasi Pemasaran Digital Berbasis Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4888-4896.
Destrina, A. A., Lukyanto, G. C., Dewanti, M. C., & Aminah, S. (2022). Pentingnya peran logo dalam membangun branding pada UMKM Rajutan BKL Bismo. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 1473-1478.
Purwanto, H., Sidanti, H., Setiawan, H. S. H., & Sujianti, A. S. (2022). Labelling, Packaging dan Digitalisasi Pemasaran pada Umkm di Madiun pada Keripik Tahu Walik. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 818-824.
Perwitasari, D. A. (2021). Branding Produk Label Kamasan Sebagai Upaya Pengembangan Daya Tarik Pemasaran pada UMKM Rengginang di Kelurahan Pakistaji Wonoasih Kota Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 2(1), 34-38.
Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 141-152.
Srirejeki, K. (2016). Aplikasi Media Sosial untuk Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Ekonomi Digital. Masyarakat Telematika Dan Informasi, 7(1), 233770.