DIGITALISASI UMKM: OPTIMALISASI PEMASARAN WARUNG MAKAN DI DESA APUAN
Kata Kunci:
pemasaran, UMKM, digitalisasiAbstrak
Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Warung Makan Buk Nyoman. Berdasarkan observasi yang dilakukan tim kepada pihak terkait pada UMKM Warung Makan Buk Nyoman di Desa Apuan ditemukan masalah kurangnya promosi melalui media sosial dan belum ada titik penunjuk lokasi usaha yang menyebabkan kurangnya jangkauan pemasaran serta papan nama yang sudah usang. Begitu juga belum tersedia daftar menu makanan yang berfungsi penting bagi konsumen dan dapat memudahkan dalam pemesanan makanan. Melihat kondisi tersebut dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat yakni melakukan pemasaran melalui media sosial dan membuat penunjuk letak lokasi usaha untuk mengembangkan UMKM Warung Makan Buk Nyoman, seperti Intagram dan Google Maps serta memperbaiki papan nama yang telah usang serta menambahkan daftar menu makanan sebagai bahan promosi dari UMKM Warung MakanBuk Nyoman. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, pelaku UMKM Warung Makan Buk Nyoman ini adanya pemahaman tentang tata cara pemasaran melalui media sosial agar dapat memasarkan produk usaha secara lebih luas sehingga sudah terealisasikan dengan baik dan tepat waktu serta sudah terealisasi 100%.
Referensi
Aisyah, Siti, and Kartika Rose Rachmadi. 2022. “Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan.” RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):442–48. doi: 10.46576/rjpkm.v3i2.1866.
Bagus, Gde, Brahma Putra, Ni Putu, Zelga Wahyuni, and Universitas Mahasaraswati Denpasar. 2022. “PENGGUNAAN PLATFORM MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK DI ERA COVID-19 PADA TOKO.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 1(November).
Sukoco, Sampir Andrean, and Akbar Maulana. 2022. “Digitalisasi Pemasaran Melalui Platform Media Sosial.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 3(2):1179–84.