PEMASARAN PRODUK DAN SOSIALISASI PENTINGNYA PENGELOLAAN KEUANGAN PADA UMKM LASKAR STUDIO BAMBU DI DESA PENGLIPURAN, KELURAHAN KUBU, BANGLI

Penulis

  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sastra Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yulistya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Anggita Priastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Desa Penglipuran, Pengelolaan Keuangan, Pemasaran

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di Kelurahan Kubu Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli, Bali. Mitra Kami adalah UMKM Laskar Studio Bambu di Desa Penglipuran, Kelurahan Kubu. Adapun permasalahan mitra kami yaitu kurangnya pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan keuangan dan tidak tersedianya logo usaha, katalog digital dan cetak serta kartu nama. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara mensosialisasikan pentingnya pengelolaan keuangan pada UMKM Laskar Studio Bambu, membuatkan katalog digital dan logo usaha, memberikan katalog cetak dan kartu nama.

Referensi

Atmaja, N. P. C. D., & Agustiari, N. K. D. (2022, May). Penerapan Komputerisasi Stok Persediaan Barang, Pelatihan Pelayanan Untuk Meningkatkan Penjualan dan Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan pada Central Repair Station. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 1, No. 1, pp. 407 412).

Budiarto, F. N. R., Amelia, K. S., Arindawati, S., Mawardhany, S. K., Belangi, H. A. P., Mas' udah, K. W., & Wuryandari, Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. KARYA UNGGUL-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116-124.

Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138-149.

LPPM. 2022. Buku Panduan KKN Tematik Tahun 2022. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sholawati, L. D., Laila, Z. F., Kumaeroh, N. A., & Syalima, I. (2020). Upaya Meningkatkan Nilai Ekonomi Pelaku UMKM Melalui Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 Dusun Karanganyar. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 8.

Wibowo, A., Wahyudi, W., & Utari, D. R. (2022). Media Sosial Sebagai Solusi Pemasaran UMKM yang Adaptif di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 4(6), 558-566.

Wijaya, R. S., Rahmaita, R., Murniati, M., Nini, N., & Mariyanti, E. (2023). Digitalisasi Akuntansi Bagi Pelaku UMKM di Lubuk Minturun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 2(1), 40-44.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-10