PENINGKATAN PENGETAHUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA-SISWI SD NEGERI 1 KAWAN

Penulis

  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Sunariati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Gede Suyoga Darmayasa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Bahasa Inggris, Literasi, Matematika, Metode 3M, Numerasi

Abstrak

Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kawan, Kelurahan Kawan, Bangli. Pemahaman mengenai literasi dan numerasi sangat penting diajarkan sejak di bangku sekolah dasar. Dalam pelaksanaanya, para pengajar diharapkan mampu untuk mengerti atas permasalahan inti yang dialami oleh siswa dalam proses pengajaran terjadi serta mampu memberikan penjelasan yang jelas, terarah dan yang lebih menarik tentang penyampaikan materi yang diberikan. Dalam menyusun strategi dalam memberikan edukasi kepada para siswa, maka diperlukan adanya usaha yang dapat diupayakan untuk meningkatkan minat dari siswa/siswi didalam mengikuti proses pengajaran literasi dan numeriasi. Dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dari siswa/siswi tidak terlepas dari peranan tim serta siswa dalam melakukan strategi yang tepat untuk mengembangkan potensi dari siswa/siswi tersebut. Untuk meningkatkan kualitas akademik dari siswa/siswi SD Negeri 1 Kawan maka dilakukan metode pengajaran dengan menerapkan 3M. Metode 3M merupakan metode yang sangat cocok diaplikasi dalam proses mengajar disekolah dasar dimana metode ini merupakan suatu cara mencapai tujuan dari meningkatkan minat belajar literasi serta numerisasi siswa/siswi. Pelaksanaan strategi pengajaran tersebut telah dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, serta telah dapat diterima dengan baik oleh siswa/siswi di SD Negeri 1 Kawan.

Referensi

Darwanto, D., & Putri, A. M. (2021). Penguatan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi pada Pembelajaran di Sekolah: (sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25-35.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Finthariasari, M., Febriansyah, E., & Pramadeka, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat desa Pelangkian melalui edukasi dan literasi keuangan pasar modal menuju masyarakat cerdas berinvestasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1), 291-298.

Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis butir soal ujian Matematika kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57-66.

Susanto, N. C. P., Hartati, S. J., & Setiawan, W. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Dan Karakter Berpikir Kritis Siswa SD Berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 48-69.

Trimurtini, T., Nugraheni, N., Sb, N. S., Putra, G. M. C., & Bektiningsih, K. (2021). Pendampingan Blended Learning Berpusat Pada Kemampuan Literasi Dan Numerasi Bagi Guru SD. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(4), 64-71.

Yuliyati, Y. (2016). Model Budaya Baca-Tulis Berbasis Balance Literacy dan Gerakan Informasi Literasi di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 20(1), 104521.

Zuhrufillah, B. E., Hikmah, W. L., Nuriadi, N., Komalasari, I. D., & Theana, R. A. (2021). Inovasi Mengajar Guna Membangkitkan Semangat Belajar Masyarakat Di Era New Normal Kelurahan Panji Sari Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1).

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-10